Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kecelakaan di Tol Cipali 1 Meninggal, Rombongan Kiai Jatim Bertemu Wapres KH Ma'ruf Amin

Friday, January 31, 2020 | 18:52 WIB Last Updated 2020-01-31T11:52:26Z

Rombongan kiai asal Jatim saat bertemu Wapres KH Ma'ruf Amin Jumat 31 Januari 2020.


JAKARTA (DutaJatim.com) - Rombongan kiai dan tokoh masyarakat Jawa Timur akhirnya tetap bertemu dengan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat 31 Januari 2020. Sebagian dari anggota rombongan yang menumpang bus pariwisata mengalami kecelakaan di Tol Cipali Jumat pagi. Satu orang meninggal dunia dalam musibah tersebut.

"Alhamdulillah masih diizinkan bersilaturahmi dengan Wapres. Perjalanan panjang nan terjal disertai insiden kecelakaan yang menelan korban 1 nyawa & 2 luka serius. Mugi Gusti paring husnul khotimah untuk korban jiwa, segera kesehatan yang paripurna, aamiin Ya Robb," kata kata Imam Kusnin Ahmad, salah satu anggota rombongan dari Jawa Timur, usai bertemu Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Sebelumnya Kapolres Majalengka AKBP Maryono, Jumat, 31 Januari 2020, mengatakan, kecelakaan bus rombongan kiai Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur di Tol Cipali, Majalengka, Jawa Barat, merenggut satu nyawa. Korban tewas bernama Putut Wijayanto. "Iya, meninggal. Kondektur bus," katanya. 

Maryono menambahkan satu korban luka berat bernama Risang Wiradana yang merupakan sopir bus. Sedangkan korban yang masih dirawat sebanyak lima orang.

Seperti diberitakan DutaJatim.com sebelumnya, rombongan kiai dan perwakilan umat lain asal Jawa Timur yang mengalami kecelakaan di Tol Cipali, Jumat 31 Januari 2020 pagi tadi,  berencana menemui Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Istana Wapres Jakarta.  Namun pertemuan dengan Wapres sempat terpaksa ditunda lantaran musibah tersebut, meski kemudian para kiai dan rombongan lain kemudian diterima Wapres.

Ketua Lazisnu Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cirebon, Asep Saefulloh, saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Dia mengatakan, rombongan berjumlah 16 orang.  "Rencananya beliau-beliau semua mau bertemu Wapres," kata Asep, Jumat, 31 Januari 2020.

Asep mengatakan saat ini para korban mendapatkan penanganan medis di RS Mitra Plumbon, Cirebon. "Tiga di antaranya luka berat," katanya.
Info dari polisi, dari seluruh korban, dilaporkan 7 dirawat, 3 diantaranya cukup parah. 

Berikut Nama-Nama Rombongan dari Jatim:

1. KH.Hisyam Syafaat, Banyuwangi
2. KH. Fathullah Jember
3. KH. Muhyidin Khotib, Situbondo
4. KH. Miftahul Ulum, Probolinggo
5. KH. Sonhaji AS, Pasuruan
6. KH. M. Taufiqurrahman, Sumenep
7. KH. Panji Taufiq, Sumenep
8. Suparman, Pamekasan
9. KH. Agus Mushofa, Madiun
10. KH. Mastur Ali, Trenggalek
11. KH.Hazim Shirodj, Batu
12. H. Zaini Ilyas, Surabaya
13. Ki Surono, Sidoarjo
14. Imam Kusnin, Blitar
15. H. Abd Wahid Asa, Surabaya
16. H. Ahmad Sujono, Surabaya
17. Hari Agus Santoso, Komunitas Tionghoa Surabaya
18. A. Basuni Salim, Surabaya
19. Romo Eko Keuskupan, Surabaya
20. KH. Achmad Syaiful Chalim (Gus Iful), Surabaya
21. H. Agus

Bus pariwisata itu mengalami musibah di Tol Cipali. Kendaraan itu menabrak sebuah truk di jalan tol antara Palimanan - Cikopo, tepatnya di KM 164.00 Jalur B, wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020) pagi  sekitar pukul 04.00 WIB. Kecelakaan itu mengakibatkan enam penumpang terluka.

Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Endang Sujana, mengatakan, peristiwa itu bermula saat kendaraan bus pariwisata TRAC bernopol B 7844 FAA yang dikemudikan oleh Risang Wiradhana (33), warga Kediri, melaju dari arah Palimanan menuju ke Cikopo. 

Saat sampai KM 164.00 Jalur B Kabupaten Majalengka, sopir bus diduga mengantuk. Pengemudi kurang berhati-hati saat mengemudikan kendaraannya dengan kondisi mengantuk tersebut sehingga tidak bisa mengontrol kendaraannya.

Akibatnya, bus menabrak bagian belakang  truk tronton Hino bernopol AE 8554 UK yang dikemudikan oleh Umbarno (47) warga Kabupaten Rembang. Truk itu juga datang dari arah Palimanan menuju ke Cikopo alias satu arah yang sama dengan bus.

Kecelakaan itu membuat pengemudi dan lima penumpang kendaraan bus pariwisata TRAC mengalami luka-luka. 

''Dua orang luka berat dan empat orang luka ringan,'' kata Endang, melalui Ps Paur Subbag Humas Polres Majalengka, Aipda Riyana, Jumat (31/1/2020) siang.
Dua orang yang mengalami luka berat merupakan pengemudi bus, Risang, dan kernet bus, Putut Wijayanto (40), warga Tuban.

Sedangkan empat orang yang mengalami luka ringan, masing-masing Ahmad Sujana (55), Basuni (50), dan Panji Taufik (60). Semuanya adalah warga Surabaya. Kemudian satu lagi, Pahrurrozi (26) warga Jember.

Seluruh korban luka merupakan penumpang bus. Mereka kemudian dibawa ke RSU Mitra Plumbon Kabupaten Cirebon.  Sedangkan kendaraan yang terlibat kecelakaan diamankan di halaman Kantor PJR 18 Kertajati, Kabupaten Majalengka. Polisi masih menyelidiki kejadian ini. Khususnya memastikan penyebab kecelakaan tersebut. (nas/hud)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update