-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Super Junior Ajak E.L.F Nostalgia, Musisi Indonesia Pun Bisa Mendunia Tanpa Ginseng Lo!

Minggu, 12 Januari 2020 | 08.48 WIB Last Updated 2020-01-12T01:48:07Z

JAKARTA (DutaJatim.com) -  Super Junior Ajak E.L.F Nostalgia, Musisi Indonesia Pun Bisa Mendunia Tanpa Ginseng Lo!

Demam K-Pop masih menjalari sekujur anak muda Indonesia. Juga sebagian orang dewasa. Kali ini grup idola K-pop Super Junior menghentak rasa gandrung anak muda negeri ini dengan konser bertajuk "Super Show 8: Infinite Time" di ICE, BSD City, Tangerang pada Sabtu (11/1/2020).

Seperti biasa, para penyanyi asal negeri ginseng itu mengajak para penggemar mereka atau disebut E.L.F sesaat terlarut pada nostalgia di sela acara konser. Mereka hampir menyanyikan 30 lagu, di mana separo di antaraya lagu-lagu lawas populer di masa lalu. Ya, tentu saja ini seakan membawa E.L.F ke konser Super Show sebelumnya.

Detik-detik menjelang penampilan perdana, lagu "Superman" diputar, mengingatkan penggemar pada sosok idola mereka di tahun 2011, di era album "Mr. Simple", disusul "A Man in Love" yang pernah Super Junior hadirkan antara lain di Super Show 4 pada 2012 dan Super Show 2 pada tahun 2009--walau tidak digelar di Indonesia.

"Bonamana" dan "No Other", lagu yang populer di tahun 2010 juga kembali Leeteuk, Siwon, Eunhyuk, Shindong, Donghae, Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung nyanyikan. "Bonamana" setidaknya pernah mereka tampilkan di konser Super Show 7S pada Juni 2019 dan Super Show 5 serta 4.

Tak hanya itu, masih ada sederet lagu lawas yang Super Junior juga hadirkan, dua di antaranya, lagu balada "My All Is In You" dan "Love Disease" dari album "It's You" versi kemas ulang yang dirilis pada tahun 2009.

Sebaliknya E.L.F. juga memberikan kejutan manis bagi idolanya dengan menyanyikan lagu "11 Januari" dari band GIGI di sela-sela konser tersebut. Seakan menjadi momentum tepat untuk merayakan kembalinya grup tersebut ke Indonesia.

Usai lagu "Sorry, Sorry Answer" dan "Sorry, Sorry", E.L.F. dengan kompak menyanyikan bagian pertama dari lagu itu sembari mengangkat hand-banner dari fan project itu. Tak hanya itu, E.L.F. juga mempercantik venue dengan fan-project lainnya, dengan menyalakan flashlight ponsel dengan kompak saat lagu "Somebody New".

"Light event kalian bagus sekali, kayak bintang-bintang di malam hari," puji main dancer Super Junior, Eunhyuk.

Super Junior telah menggelar lebih dari 140 konser di kota-kota besar Asia, Amerika Selatan, dan Eropa dengan total penonton lebih dari dua juta orang.  "Super Show 8" adalah konser yang digelar setelah seluruh anggota Super Junior menyelesaikan masa wajib militer dalam 10 tahun terakhir.
Indonesia adalah perhentian kelima dari Leeteuk, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kyuhyun yang baru keluar wajib militer pada Mei 2019.

Musisi Indonesia Juga Hebat

Super Junior Ajak E.L.F Nostalgia, Musisi Indonesia Pun Bisa Mendunia Tanpa Ginseng Lo! 

Ya, melihat antusiasme para E.L.F, tentu kita sah-sah saja berangan-angan, andai saja mereka mengidolakan dengan begitu meruahnya kepada musisi di tanah air, pasti penampilan musisi Indonesia, mungkin seperti GIGI, Slank, NOAH, dan yang lain-lain, pasti tidak akan kalah dengan Super Junior atau boyband K-Pop lainnya. 

Bahkan, bisa sehebat Super Junior  yang menggelar 140 konser di kota-kota besar Asia, Amerika Selatan, dan Eropa dengan total penonton lebih dari dua juta orang. Tapi tentu saja harus kompak semua elemen yang ada di Indonesia. Bukan hanya musisi, dan penonton, tapi juga Pemerintah RI. 

Korea Selatan merupakan negara yang sukses dengan kebijakannya menggeber industri kreatif khususnya di film dan musik untuk mengjangkau negara lain. Mengekspor produk industri kreatifnya hingga menguasai pasar global. Lalu apakah para kreator Indonesia bisa menyamai Korsel? Tentu bisa! Sangat bisa! Meski tanpa minum ginseng, Indonesia bisa lebih hebat dari Korsel. Satu saja kuncinya: kerja keras dan cerdas! (gas/ara) 
×
Berita Terbaru Update