-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Fenomena Khabib Nurmagomedov dan Syiar Islam

Tuesday, October 27, 2020 | 12:19 PM WIB Last Updated 2020-10-27T05:19:42Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Khabib Nurmagomedov jadi pembicaraan dunia lagi. Pria jawara tak terkalahkan ini memutuskan untuk keluar dari jagat tarung bebas selamanya. Dia memutuskan untuk pensiun dini setelah mengalahkan Justin Gaethje. Mega bintang MMA berjuluk 'The Eagle' itu memutuskan untuk pensiun di tengah puncak kariernya sebagai seorang petarung.


Melansir Wealthygorilla, kekayaan bersih Khabib di tahun ini diperkirakan mencapai US$ 30 juta atau setara Rp 438 miliar. Kariernya sebagai atlet petarung bebas memang cukup mentereng. Dia dua kali juara Combat Sambo World Champion dan juara yang tak terkalahkan di UFC Lightweight Champion. Khabib juga memegang rekor tak terkalahkan di MMA.


Khabib melakukan debutnya di MMA pada tahun 2008. Dalam sebulan dia mendapatkan empat kali kemenangan, tiga di antaranya dilakukan dalam sehari.  Bulan berikutnya, dia memenangkan kejuaraan turnamen Piala Atrium perdana di Moskow. Dalam tiga tahun berikutnya, Khabib memenangkan 12 pertandingan, termasuk kemenangannya di debut M-1 Global pada tahun 2009.


Namun pada September 2014 dan 2015, ia harus membatalkan beberapa pertandingan karena cedera dan kesehatan yang buruk. Pada 2016, Khabib kembali bertanding dan berhasil menang melawan pendatang baru Darrell Horcher di UFC.


Pada 2017, ia dijadwalkan untuk melawan Tony Ferguson untuk Kejuaraan Kelas Ringan Interim, namun, ia jatuh sakit karena beberapa komplikasi yang muncul dari proses penurunan berat badan dan ronde harus dibatalkan. Saat itu Khabib Nurmagomedov dan Edson Barboza juga berhadapan satu sama lain di UFC 219 pada 30 Desember 2017. Nurmagomedov mendominasi lawannya di ketiga ronde pertarungan dan kemudian menang dengan keputusan bulat.


Pada 6 Oktober 2018, Nurmagomedov mempertahankan gelar ringan UFC melawan Conor McGregor di UFC 229 dengan mengalahkan McGregor di babak keempat melalui kuncian. Pertandingan keduanya saat itu begitu menarik perhatian dunia.


Kini Khabib memutuskan untuk pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje. Kemenangan itu merupakan rekor kemenangan sempurna tak pernah kalah dengan catatan 29-0.


Sejak mengalahkan Conor McGregor lewat submission pada ronde keempat dalam pertarungan gelar juara dunia kelas ringan UFC di Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (7/10/2018) siang WIB, nama Khabib jadi perbincangan dunia sekaligus jadi kebanggaan muslim sejagat. Seperti kata Imam Shamsi Ali, ulama asal Indonesia di Kota New York, figur publik muslim, seperti atlet, artis, pejabat, politisi, pengusaha, dan lain-lain, sangat kuat sebagai figur pendakwah atau dai untuk syiar Islam. 


Isu King of Pop Michael Jackson dan petinju Mike Tyson masuk Islam sangat berpengaruh pada syiar Islam, khususnya bila mereka menjadi religius berkelakuan baik. Ya menerapkan Islam rahmatan lil alamin. Namun tidak banyak muslim yang melakukan hal itu. Bahkan tidak berani menunjukkan identitas Islam-nya.


Begitu pula dengan Khabib. Pria asal Dagestan, Rusia, itu merupakan pribadi yang santun dan pemeluk agama Islam yang taat. Aktivitas sehari-harinya, bahkan di atas ring dia tidak ingin lepas dari nilai-nilai Islam. 


Khabib selalu bangga dengan agamanya dan tak sungkan menunjukkan identitas keislamannya. Maka tak heran setiap kali merebut gelar juara dari lawannya, kalimat pertama yang keluar dari mulut Khabib adalah ucapan Alhamdulillah.


“Pertama yang harus saya katakan adalah Alhamdulillah. Tanpa Allah, kita ini bukan siapa-siapa. Tanpa Tuhan kita tidak bisa mendapatkan apa-apa,” tegas Khabib, seperti dikutip dari kanal Youtube resmi UFC.


Tidak hanya itu, dakwah yang dilakukan oleh petarung berjuluk the Eagle itu dikagumi oleh masyarakat dunia. Salah satunya adalah potongan video di Instagram yang memperlihatkan Khabib meminta seorang remaja membacakan ayat suci Al Quran. Dalam video Khabib berada di dalam mobil, sementara anak kecil berada di luar. Anak lelaki itu pun membacakan surah Al-Waqiah dan Khabib tampak menikmati bacaan sang anak yang bagus.


Satu unggahan lain di Youtube menunjukkan Khabib tengah menyimak bacaan Al Quran sepupunya yang masih kecil dan baru empat bulan belajar mengaji.


Selain itu, di akun Instagram miliknya Khabib kerap mengunggah potongan-potongan ceramah dan kutipan-kutipan dari ayat suci Al Quran. Kemudian juga gambar-gambar ketika dia menunaikan ibadah umrah ke tanah suci. Terakhir dia mengunggah foto dirinya di depan bangunan suci umat Islam Kakbah pada bulan Agustus lalu. “Aku sangat merindukan Makkah,” tulis Khabib. (rpk/det)


×
Berita Terbaru Update