-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Selain Kerukunan Umat Beragama, FKUB Diajak Sukseskan Pembangunan

Tuesday, October 27, 2020 | 5:35 PM WIB Last Updated 2020-10-27T13:45:09Z

 

Suasana saat pelantikan pengurus FKUB Pamekasan.  


PAMEKASAN (DutaJatim.com) - Pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Pamekasan masa bhakti 2020-2025, Selasa (27/`10/2020) dilantik Sekdakab  Ir Totok Hartono MA, mewakili Bupati Badrut Tamam, di Pendopo Ronggosukowati. 


Selain FKUB, juga dilantik pengurus Forum Komunikasi Pemuda Umat Beragama (FKPUB) dan Forum Komunikasi Wanita Umat Bragama (FKWUB). Pelantikan disaksikan oleh Wakil Ketua FKUB Jawa Timur Nadjib Hamid, Forkopimda Pamekasan, pimpinan Ormas Islam dan ormas keagamaan lain  di Pamekasan.  


Dalam sambutannya Totok Hartono mengatakan FKUB memiliki fungsi strategis dalam mengawal perkembangan zaman, karena zaman terus bergerak dinamis dan pada saat yang bersamaan banyak badai fitnah yang bisa membenturkan kalangan umat beragama. 


“Kalau kita mengutip dari pandangan ulama ahli ensiklopedi Islam ulama ahli ilmu akhir zaman,  bahwa akhir zaman ini kita akan menghadapi fitnah yang besar. Oleh karena itu kehadiran FKUB ini nanti bisa berperan dalam hal bagaimana kita mengantisipasi itu dan itu telah dilaksanakan dengan baik selama ini,” katanya. 


Tujuan FKUB, kata Totok Hartono, adalah konsolidasi antar  umat beragama. Lalu kemudian dengan instansi atau lembaga luar misalnya dengan majelis agama, ormas keagamaan serta pihak terkait lainnya. Selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman, mempersatukan dan merperkokoh kerukunan dan harmoni hidup damai.  


Sasaran yang akan dicapai oleh FKUB, lanjut Totok, tertatanya system dan manajemen, misalnya, beberapa pelatihan telah dilakukan untuk meningkatkan tugas pokok fungsi FKUB. Sasaran berikutnya terbinanya suasana kondusif dan terciptanya kerinduan akan suasana damai dan kondusifitas. FKUB ini juga memiliki peranan penting sebagai penghubung antar umat.  


“Kami Pemkab Pamekasan berharap bahwa FKUB ini bisa menjadi jembatan penghubung di antaranya sebagai wahana komunikasi berinteraksi, mediasi, harmonisasi dalam setiap persoalan, melakukan sosialisasi kepada masyarakat umat  beragama dan membantu pemerintah merukuan umat beragama,” jelasnya. 


Totok Hartono berharap FKUB ini juga berdampak positif terhadap pelaksaan pembangunan Pamekasan utamanya realisasai prioritas pembangunan yang ada lima yakni, kesehatan, pendidikan, reformasi birokrasi, infrasruktur dan pertumbuhan ekonomi.“Di sinilah peran kalangan pemuda FKUB atau FKPUB dan kalangan wanita yang tergabung dalam  FKWUB bisa ikut andil.  Di samping membantu pemerintah dalam hal menjaga suasana kondusifitas juga dalam program prioritas pembangunan daerah juga bisa masuk didalamnya,” jelasnya. 


Sementara Wakil Ketua FKUB Jatim Nadjib Hamid mengatakan FKUB merupakan komitmen bersama menjaga keharmonisan kehidupan bangsa lebih khusus beragama, yang sebenarnya menjadi tugas negara. Karena itu sudah sepatutnya jika pemerintah memfasilitasi kegiatan FKUB, karena FKUB sebenarnya telah melaksanakan sebagian dari tugas pemerintah itu yakni menjaga kerukunan umat beragama. (mas)

×
Berita Terbaru Update