-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Warga Banyuwangi Basmi Hama Lalat Buah Gunakan Afkiran Bako

Thursday, November 26, 2020 | 1:50 PM WIB Last Updated 2020-11-26T06:50:28Z

 


BANYUWANGI (DutaJatim.com)  - Hama pada sejumlah tanaman hingga kini menjadi momok bagi petani. Karena itu petani berjuang keras membasminya.  Salah satunya dengan memakai afkiran bako yang dianggap sangat efektif membasmi hama pada tanaman jeruk.


Seorang petani palawija, Budiwiyono, saat ditemui di lokasi pertaniannya mengatakan, bahwa ia sudah melakukan ujicoba bako di sejumlah jenis tanaman.


Seperti yang dilakukan saat ini dengan melakukan penyemprotan secara langsung di lahan tanaman buah jeruk di Dusun Kebaman, Desa Kebaman, Kecamatan Srono milik Sariyono.


" Sekarang kami melakukan penyemprotan, pada tanaman buah jeruk terlihat hama klaper atau kupu putih, trip, penggerek daun dan hama ulat. Secara bertahap jika rutin dilakukan penyemprotan  sejumlah hama itu bisa dipastikan hilang dan teratasi agar tanaman tumbuh maksimal," katanya.


Diungkapkan Sariono mengaku lahan yang ia miliki seluas 3/4 hektar yang mana sudah ditanami buah jeruk berusia kurang lebih 17 tahun.


" Bibit jeruk jenis dari tulungagung. Sekali panen rata- rata bisa menghasilkan 5 - 6 ton. Nanti kedepannya dalam pembasmian hama kita secara rutin gunakan afkiran bako," jelasnya.(tyo)
×
Berita Terbaru Update