Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Lidya Alemayu, Pelajar Ethiopia Usia 9 Tahun: Bicara Bahasa Indonesia, Ingin Belajar di Indonesia

Sunday, December 6, 2020 | 02:34 WIB Last Updated 2020-12-05T19:34:00Z

 


ADDIS ABABA (DutaJatim.com) - 
Lidya Alemayu, pelajar Ethiopia usia 9 tahun yang duduk di kelas 3 Sekolah Dasar ingin sekali belajar di Indonesia. Dia  ingin mengikuti pertukaran pemuda Ethiopia-Indonesia. 

Keinginan itu disampaikan langsung oleh Lidya kepada Duta Besar RI di Addis Ababa, Al Busyra Basnur, ketika ia berkunjung ke Sekolah St. Paul Catholic Elementary School, Jumat (4/12/2020) yang terletak di Alem Tena, sekitar 2,5 jam naik mobil dari kota Addis Ababa.

“Saya kaget. Lidya menyampaikan keinginannya itu kepada saya dalam bahasa Indonesia. Ia membaca teks tulisan bahasa Indonesia yang ditulis di secarik kertas. Pronounsiasi bahasa Indonesia Lidya bagus,” kata Al Busyra. 




Setelah ditelusuri, ternyata Lidya diajarkan bahasa Indonesia oleh Suster Felisitas, seorang warga Indonesia yang bekerja di kongregasi yang mengurus sekolah itu.

Ternyata, sebagian dari lebih 700 murid sekolah tersebut mengetahui tentang Indonesia, sehingga banyak yang ingin berkunjung dan belajar di Indonesia. Pada kunjungan itu, Al Busyra juga bertemu dengan kepala sekolah dan menyampaikan paparan singkat di hadapan sejumlah murid di kelas. 

Pada kesempatan itu, Duta Besar Al Busyra menyampaikan 1.500 buku tulis kepada murid sekolah yang halaman depan dan belakang buku itu berisi foto-foto dan keterangan dasar tentang Indonesia. 

“Banyak pemuda Ethiopia pernah belajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Terdapat sekitar 60 orang alumni Indonesia yang berasal dari Ethiopia. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update