Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PLN Tambah 4 Pom Setrum Mobil Listrik di Jalan Tol Surabaya - Jakarta

Friday, December 25, 2020 | 08:04 WIB Last Updated 2020-12-25T01:04:04Z

 

SPBU Kuningan memiliki fasilitas pengisian mobil listrik. (Liputan6.com)

JAKARTA (DutaJatim.com) — Kabar gembira bagi pengguna mobil listrik. Saat ini PLN menambah empat stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) atau pom setrum di jalan tol Surabaya—Jakarta sehingga pengguna mobil listrik lebih mudah mengisi setrum kendaraannya.

SPKLU tersebut merupakan hasil kolaborasi antara PT PLN dan PT Jasa Marga Tbk. Empat SPKLU yang diresmikan yaitu SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

Hal ini juga dimaksudkan dalam rangka menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai.

"Fasilitas SPKLU di empat titik ini disediakan PLN untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna mobil listrik dan untuk mengakomodir kebutuhan pengisan baterai pada saat bepergian dari Jakarta ke Surabaya," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril melalui siaran persnya, Kamis (24/12/2020).

Bob menambahkan peresmian SPKLU ini menjadi bagian dari komitmen PLN untuk mendukung implementasi Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"PLN ingin memberikan kenyamanan warga pengguna kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum," tuturnya.

Program KBLBB tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan impor BBM. Hingga 2025, PLN berencana akan membangun 2.400 SPKLU.

Keterbatasan jarak tempuh dan minimnya infrastruktur pengisian listrik selalu menjadi kendala penggunaan mobil listrik saat ini, sehingga kebanyakan mobil listrik hanya dipakai di dalam kota saja.

Dengan adanya empat SPKLU baru di jalan tol Trans-Jawa, akan lebih memudahkan orang bepergian dengan jarak yang jauh menggunakan mobil listrik. (gas/bc)

 

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update