-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

SIG Pabrik Tuban Serah Terima Program CSR 9 OMS FMK Ridho Illahi Tegalrejo

Thursday, January 21, 2021 | 6:53 PM WIB Last Updated 2021-01-21T11:53:57Z

 


TUBAN (DutaJatim.com) - PT Semen Indonesia (Persero) melalui program Corporate Social Resposcibility (CSR) alokasi 2020 telah terlaksana di 26 desa dan 3 kecamatan sekitar perusahaan milik BUMN di Kabupaten Tuban.

Program CSR yang diprioritaskan terhadap pemberdayaan masyarakat itu di antaranya juga menyasar Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Ridho Illahi.

Siswanto, Senior Community Development officer PT SIG menegaskan, bahwa agenda serah terima program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban ini merupakan momentum yang baik untuk bersama - sama memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

"Program CSR 2020 yang diserahterimakan pada masyarakat 26 desa dan 3 kecamatan senilai 7,1 miliar termasuk di Desa Tegalrejo ini," ucap Siswanto, Kamis (21/01/2021).

Pihaknya menandaskan, proporsi program tersebut terdiri dari program bertema pemberdayaan masyarakat sebesar 80 persen, tema peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 11 persen, berikutnya pada tema peningkatan kapasitas sebesar 6 persen dan 4 persen di tema karitatif.

"Program ini dikelola secara akuntabel dan partisipatif bersama kelompok penerima manfaat melalui FMK," imbuhnya.

Masih menurut Siswanto, tujuannya agar meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat sekitar perusahaan secara merata dan tepat sasaran. 

Pihaknya juga menegaskan, kegiatan ini ialah wujud komitmen perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban dalam menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat sekitar, serta upaya serius untuk menjalin hubungan yang semakin baik dan berkelanjutan antara perusahaan dan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Suradi selaku ketua FMK Ridho Illahi Desa Tegalrejo dalam keterangannya menambahkan, di desanya terdapat 9 OMS penerima manfaat program CSR alokasi 2020.

"Programnya berupa ternak kambing, budidaya jamur, kios pertanian, menjahit, pengembangan wisata dan lain-lainnya," tuturnya.

Untuk usulan program 2021 ini, sambung Suradi pihaknya bersama BUMDes telah mengajukan untuk pengembangan wisata alam "Kedung Semurup", sehingga nantinya diharapkan ada kemanfaatan bagi desa dan masyarakat melalui pengelolaan dan keterlibatan FMK.

"Alokasi CSR 2020 untuk pengembangan wisata tersebut sudah dianggarkan namun masih minim, sehingga 2021 kita upayakan agar optimal," tandasnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian selama ini PT SIG pabrik Tuban melalui program CSR. Sebab diakuinya sangat membantu dan berguna bagi masyarakat banyak. (Hud)
×
Berita Terbaru Update