-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pasar Wisata Kuliner Jatian Dibuka Minggu

Saturday, January 9, 2021 | 5:47 PM WIB Last Updated 2021-01-10T14:57:22Z

 


BANYUWANGI (DutaJatim.com) - Prahara pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi  perekonomian masyarakat. Memasuki era New Normal di tengah merebaknya pandemi Covid-19, perekonomian pun mulai menggeliat lagi.

Geliat itu terlihat dari semangat berkuliner di Pasar Jatian yang digagas oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) Dusun Toyamas, Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran. Bangkitnya para pedagang di pasar ini pun patut mendapat apresiasi.




Seperti disampaikan Ketua Pokmas Pasar Kuliner Jatian, Ahmad Heriyanto.  Saat ditemui di lokasi pasar, Ahmad mengatakan, dia bersama rekan - rekannya pada 26 Juli 2020 lalu melalui swadaya masyarakat merintis berdirinya Pasar Wisata Kuliner Jatian. Tujuannya untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, pemberdayaan bagi warga khususnya yang ada di Desa Wringinrejo dengan cara menyajikan sejumlah makanan khas daerah dan aneka jajanan tradisional serta menampilkan aneka souvenir dan kerajinan. Dan ternyata banyak masyarakat berminat mengunjungi pasar kuliner ini.

" Berawal saya melihat kebun Jatian ini jika ditata bisa memberdayakan masyarakat. Dengan tidak mengubah bentuk aslinya, pada akhirnya pasar kuliner Jatian dirintis dan disepakati oleh pemilik lahan yakni Pak H. Azis warga Kecamatan Genteng. Akhirnya, bersama pemuda dan sejumlah warga mulai dilakukan pembangunan pasar tersebut. Ada sejumlah stand untuk pelapak, sekretariat, panggung hiburan, toilet umum, tempat selfie dan rest area parkir," kata Heri yang hingga saat ini  menjadi penggerak UKM  di Kabupaten Banyuwangi saat ditemui Sabtu 9 Januari 2021.

Keberadaan Pasar Kuliner Jatian dibuka setiap hari Minggu. Dibuka pagi pukul 07.00 wib hingga pukul 12.00 siang.

" Kegiatan ini selain untuk menumbuhkan perekonomian juga untuk menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. Di panggung hiburan juga ditampilkan sebuah hiburan elekton, karaoke, musik keroncong dan sejumlah jenis tari - tarian daerah," imbuhnya.(tyo)
×
Berita Terbaru Update