Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kaget Cicilan KPR Berkurang? Ini Jawabannya

Thursday, March 25, 2021 | 12:49 WIB Last Updated 2021-03-25T05:49:29Z
Foto: BTN


JAKARTA (DutaJatim.com) -  Kabar gembira bagi nasabah BTN yang memiliki tanggungan cicilan kredit rumah. Saat ini subsidi KPR sudah mulai diberikan kepada masyarakat, salah satunya lewat bank BTN. Karena itu bagi nasabah yang tagihan cicilannya berkurang mungkin lantaran sudah mendapatkan subsidi bunga KPR.


Wakil Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu membenarkan bila ada penurunan besar cicilan KPR nasabah. Hal ini karena pemerintah telah mencairkan dana subsidi bunga KPR kepada BTN.


"Memang dulu ada program pemulihan ekonomi nasional. Kalau ingat ada PMK yang pembayaran bunga KPR-nya sampai tipe 70," kata Nixon dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.


Nixon mengungkapkan program subsidi bunga tersebut akan didapatkan selama 3-6 bulan yang saat ini sudah mulai disalurkan. Adapun program yang dimaksud Nixon adalah Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berupa pemberian subsidi bunga KPR yang tercantum dalam PMK Nomor 138/PMK.05/2020.


Beleid itu mengatur tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional. "Uang itu dibayarkan untuk kepentingan masyarakat, bukan kepentingan BTN," kata Nixon seperti dikutip dari detik.com.


Dalam aturan itu, pemerintah memang memberikan insentif bunga KPR kepada debitur yang membeli rumah tipe 70 ke bawah. Di atas tipe 70 tidak akan mendapatkan subsidi bunga KPR.


Persyaratannya adalah nasabah memiliki NPWP, plafon kredit maksimal Rp 10 miliar dan debet hingga 29 Februari 2020. Nasabah juga wajib mengantongi predikat kredit lancar per 29 Februari 2020.


Nixon menyebutkan uang subsidi bunga KPR yang harus disalurkan pihaknya sudah mulai cair belum lama ini, karena itu BTN langsung mendistribusikan ke nasabah. Ini artinya tagihan bunga KPR milik nasabah sebenarnya dibayar oleh pemerintah.


Untuk subsidi bunga KPR ini pemerintah mengucurkan dana Rp 2,1 triliun ke BTN. Bagi nasabah KPR BTN bisa mendatangi kantor cabang BTN terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut apabila tiba-tiba cicilan KPR-nya menjadi berkurang.


"Mungkin teman-teman (nasabah) mikirnya kok ada tagihan gue dibayarin? Gitu kan? Jadi seakan-akan (cicilan KPR-nya ) turun. Ini bisa dicek dengan datang ke kantor cabang BTN terdekat," ujar Nixon. (det/wis)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update