-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

KMI RET Konsolidasi Nasional Menuju Daya Saing Energi Global

Tuesday, March 9, 2021 | 8:48 PM WIB Last Updated 2021-03-09T13:48:04Z

 



JAKARTA (DutaJatim.com)  – Di masa transisi energi, peningkatan kebutuhan energi, perang minyak, pandemi COVID-19 dan ketidakpastian global, kolaborasi kompetitif adalah kunci untuk mewujudkan dan menjaga kemandirian, ketahanan dan kedaulatan energi suatu bangsa. Namun dalam percaturan energi global, kolaborasi sering kali menguntungkan pihak-pihak yang memiliki daya saing kuat.


Untuk itu, sebelum memainkan peran strategis di arena internasional, sebuah negara perlu untuk mempersiapkan sistem sematang mungkin dari sudut pandang SDA, SDM, finansial, teknologi dan regulasi.


Sehubungan dengan itu, Ketua 1 KMI RET, Muhammad Iksan Kiat, mengatakan, perlu adanya upaya bersama memfasilitasi dan merangsang interaksi berkelanjutan antar regulator, BUMN, swasta nasional, akademisi, tokoh LSM, dan mahasiswa serta para penggiat energi untuk bergerak bersama memperkuat dan menjalankan sistem energi Bangsa dengan baik, sembari mengakselerasi transfer informasi lintas generasi menuju arena kooperasi dan kompetisi energi internasional.


Dengan demikian, Komunitas Migas Indonesia di Rusia dan Eropa Timur (KMI RET) selama 5 (lima) hari berturut-turut pada tanggal 10 sampai 14 Maret 2021 menyelenggarakan National Energy Week (NEW) bertajuk “Membangun Industri Energi Terintegrasi dan Berkelanjutan”


Acara NEW disponsori oleh 4 (empat) perusahaan (instansi), didukung oleh 8 (delapan) komunitas unggul, dan lebih dari 7 (tujuh) media partner dalam segmen energi maupun non-energi.


Rangkaian ini menghadirkan lebih dari 30 (tiga puluh) pembicara terpilih pada kegiatan Panel Discussion dan lebih dari 15 (lima belas) pembicara dari 10 (sepuluh) perusahaan (instansi/komunitas) ternama pada kegiatan Job Fair.



Kegiatan panel discussion terdiri dari 5 (lima) sesi dengan topik-topik aktual dan komprehensif meliputi “target 1 juta BOPD”; “Prospek EBTK”; “Teknologi Kendaraan Listrik”; “Progres PLTN”; dan “Praktik Terbaik K3”.


Sedangkan kegiatan Job Fair mempersembahkan career clinic dari “HR Migas Community” dan presentasi 7 (tujuh) perusahaan (instansi) nasional dan multinasional serta sharing session dari 6 (enam) ahli professional Indonesia kelas dunia. “Selain menyediakan wadah dialog terkait isu terkini dalam bidang energi, acara NEW juga memberikan informasi aktual seputar karir dalam bidang energi kepada peserta-pesertanya, khususnya kepada mahasiswa, fresh graduates, dan professional muda,” jelas Ketua Pelaksana, Puspita Anggraini.


Acara NEW adalah program pembuka Komunitas Migas Indonesia chapter Rusia dan Eropa Timur (KMI RET) yang diadopsi dari Best Practices program-program Internasional. Acara ini adalah wujud dari bentuk cicilan kontribusi kepada Bangsa dan ejawantah dari VISI KMI RET yakni “sebagai pusat akselerasi IPTEK dan kepemimpinan dalam bidang energi”. Chapter KMI yang terbentuk pada tahun 2020 ini terdiri dari Mahasiswa dan Alumni Indonesia dalam bidang energi asal kampus Rusia dan Eropa Timur yang dikelompokkan ke dalam 5 (lima) Academic Circles (AC), antara lain 1) Hydrocarbon; 2) Renewable & Alternative Energy and Sustainability; 3) Politics, Law, Defense and Security; 4) Engineering, Innovation and Digitalization; 5) Economics, Business, Management, Social and HSE.


Dalam membuat lompatan tinggi perubahan sesuai arahan Presiden RI ke-7 Bapak Jokowi Dodo, konsep gerakan parabola dan proyeksi target lompatan tidak lah cukup, Komunitas ini percaya Indonesia perlu mempersiapkan nalar, jasmani dan rohani untuk mengeksekusi gagasan dengan cepat dan tepat. Sehubungan dengan itu, Agile Leadership yang berlandaskan IPTEK dipandang dapat mensukseskan setiap langkah aksi dari konsepsi sampai implementasi.


“Harapan saya, melalui penyelenggaraan National Energy Week 2021, KMI RET dapat mempersiapkan kader-kader muda calon pemimpin energi Indonesia dan Dunia, Jendela Indonesia untuk Dunia,” kata Herry Putranto, Ketua Komunitas Migas Indonesia.


Buat kalian yang tertarik mengetahui info terkini dari ahlinya; mendongkrak karir dengan cara yang beyond commonsense; dan menata langkah demi langkah sebagai calon pemimpin atau profesional energi berdaya saing global asal Indonesia, NEW dapat menjadi alternatif solusi yang tepat. So, tunggu apalagi, this is your time! Let’s join us to build the career, build the energy of the nation, build the future of the world!. (fan)

×
Berita Terbaru Update