-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menko PMK: Sesuai SKB 4 Menteri Pembelajaran Tatap Muka Mulai Juli 2021

Tuesday, March 30, 2021 | 12:45 PM WIB Last Updated 2021-03-30T05:45:51Z

 



JAKARTA (DutaJatim.com) - Ada kabar gembira dari dunia pendidikan. Sekolah segera dibuka lagi. Setelah setahun tidak ada kegiatan belajar mengajar tatap muka di kelas, kini Pemerintah menargetkan pembelajaran tatap muka secara terbatas bisa dimulai pada Juli 2021 mendatang. Namun hal itu dilakukan  setelah guru dan tenaga pendidikan lain sudah disuntik vaksin COVID-19.

Kebijakan ini merupakan keputusan bersama 4 menteri yang disampaikan Menko PMK, Muhadjir Effendy, dalam acara Pengumuman Keputusan Bersama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 yang disiarkan YouTube Kemendikud RI, Selasa (30/3/2021).
Menko Muhadjir awalnya menjelaskan efektivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak sama dengan belajar tatap muka. Karena itu dia berharap vaksinasi Corona bisa membuat pembelajaran tatap muka bisa segera dimulai.

"Vaksinasi pada pendidik dan tenaga kependidikan ditargetkan selesai paling lambat bulan Juni 2021. Ini sesuai dengan komitmen dari Pak Menkes. Sehingga pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021, diharapkan seluruh satuan pendidikan dapat menyediakan layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas," kata Menko Muhadjir.

Muhadjir mengatakan kesuksesan pembelajaran tatap muka tergantung komitmen dari tingkat daerah hingga pusat. Dia meminta pemerintah daerah melakukan sosialisasi terhadap keputusan pembelajaran tatap muka bersama yang dirancang Kemendikbud hingga Kementerian Agama.
"Mudah-mudahan dengan SKB 4 menteri ini semua berjalan dengan yang kita harapkan," jelasnya.


Mendikbud Nadiem Makarim juga menegaskan pembelajaran tatap muka bakal dilakukan setelah vaksinasi terhadap guru dan tenaga kependidikan tuntas. Dia mengatakan pembelajaran tatap muka bakal dimulai dari PAUD dan SD lalu bertahap hingga Pendidikan Tinggi.
"Paling sulit PJJ. Mereka juga punya potensi ketinggalan paling besar," katanya.

Dia menargetkan sekolah tatap muka terbatas bisa digelar Juli 2021. Dia mengatakan target tersebut tidak mudah, namun pemerintah tetap berupaya agar sekolah tatap muka terbatas bisa digelar pada Juli 2021.

"Agar kami bisa memastikan di bulan Juli hampir semua sekolah kita sudah bisa melakukan tatap muka secara terbatas," katanya. (det/wis)  


×
Berita Terbaru Update