-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

TKI Saudi Kena Corona Inggris, Jamaah Haji Wajib Vaksin

Thursday, March 4, 2021 | 6:15 AM WIB Last Updated 2021-03-03T23:15:28Z


JAKARTA (DutaJatim.com)  - Dua warga Karawang, Jawa Barat, yang terpapar Corona Covid-19 varian B-117 asal Inggris, ternyata TKI yang baru pulang dari Arab Saudi.  Pada saat bersamaan, Pemerintah Arab Saudi sendiri mewajibkan calon jamaah haji asal Indonesia sudah menjalani vaksinasi.


Juru Bicara Satgas Covid -19 Karawang, Fitra Hergyana, mengatakan, dua warga yang terkena Covid-19  B-117 adalah  M dan A. Keduanya setelah dinyatakan positif Covid-19 B-117 sempat menjalani isolasi di Jakarta, tapi sekarang sudah pulang ke daerah asalnya untuk menjalani isolasi mandiri. Tim Satgas Covid-19 Karawang saat ini masih menangani keduanga bersama keluarga.


Sebelumnya, pada 28 Januari 2021, Kadinkes Karawang mendapatkan kabar dari Kemenkes soal adanya 49 penumpang tiba di Bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat Qatar Airways. Para penumpang itu menjalani tes PCR di bandara.  Hasilnya, ditemukan tujuh penumpang positif Covid-19. Terungkap juga bahwa satu TKI asal Karawang positif terpapar virus Corona B-117.


"Betul saya sudah teleponan dengan Menteri Kesehatan untuk menangani lebih lanjut kasus Covid-19 varian B 117 Inggris ini. Namun masyarakat Karawang tidak perlu panik karena orangnya sudah negatif makanya bisa kembali ke rumah, " kata Fitra Rabu (3/3/2021).


Fitra mengatakan, dua orang warga Karawang yang terpapar virus varian baru itu berasal dari Kecamatan Pedes dan Lemahabang. Saat ini keduanya berikut keluarga dalam pengawasan Tim Satgas. "Kita melakukan tracing dan keluarnya sudah kita Swab Test. Semua orang terdekat atau kontak erat kita swab, "katanya.


Menurut Fitra, dua orang warga Karawang itu terpapar Covid-19 varian baru setelah bekerja di Arab Saudi. Namun belum diketahui di mana keduanya terpapar virus tersebut.  "Mereka bekerja sebagai TKW di Arab Saudi dan kembali ke Indonesia. Namun saat sampai di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan swab test dan ternyata positif, " pungkasnya.


Sementara itu Pemerintah Arab Saudi mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi calon jamaah haji di tahun 2021. Surat kabar Okaz menyebut hanya individu yang sudah divaksinasi saja yang dibolehkan untuk melaksanakan ibadah haji.


"Vaksinasi COVID-19 diwajibkan bagi mereka yang ingin datang melaksanakan haji dan jadi syarat utama izin masuk," tulis laporan dari surat edaran Kementerian Kesehatan Arab Saudi, seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (3/3/2021).


Pelaksanaan haji pada tahun 2020 memang sempat terhambat oleh pandemi Corona. Arab Saudi membatasi hanya 1.000 jamaah dengan kriteria tertentu yang bisa melaksanakan haji demi mencegah penyebaran COVID-19. Kala itu calon jamaah dari luar negeri tidak bisa mendapat izin masuk ke Tanah Suci. Arab Saudi dilaporkan sedang menyiapkan komite tenaga kesehatan khusus yang semua anggotanya juga sudah divaksinasi untuk mengawasi pelaksanaan umrah dan haji di tahun 2021. (det/ wis)


×
Berita Terbaru Update