-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Fasilitasi Pelaku UMKM, Tim Pengabdian Masyarakat Unirow Dampingi Urus NIB dan IUKM

Wednesday, April 28, 2021 | 14:05 WIB Last Updated 2021-04-28T07:05:19Z

 


TUBAN (DutaJatim.com) - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).


Tim pengabdian masyarakat ini dipimpin oleh Dr. Dumiyati, M.Pd yang beranggotakan Muhammad Yusuf, S.Pd, M.M dan Ir. Hernik Puji Astutik, M.Pd. 


Pengabdian ini membawa judul Pelatihan dan pendampingan pengurusan izin usaha  (NIB dan IUKM) bagi  18 UMKM kuliner, makanan dan minuman, anggota Forum IKM, Inovasi Tiada Henti dan Pasar Digital Community di Kabupaten Tuban. 


Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan mulai Bulan Februari 2021 dan akan berakhir pada Bulan Juni 2021 yang bertempat di Kecamatan Tuban kota, Kecamatan Jatirogo, kecamatan Jenu, Kecamatan Bangilan, Kecamatan Palang. 


Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr. Dumiyati, M.Pd menjelaskan bahwa tujuan dalam pengabdian kali ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu  UMKM bidang Kerajinan tangan, pengolahan makanan dan minuman anggota forum IKM, Inovasi Tiada Henti  dan Pasar digital community DPC Tuban yang belum memiliki izin usaha. 


Bu Dum sapaan akrabnya juga menjelaskan, bahwa hasil pemetaan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu UMKM yang sudah beroperasional dan berproduksi sebenarnya memiliki potensi jangkauan pemasaran yang lebih luas.


Kemudian selain itu, ia menyatakan pengembangan usaha dan peluang untuk kerjasama dengan pihak lain dalam hal pendanaan. Akan tetapi potensi tersebut belum bisa dilaksanakan karena para pelaku belum memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB) dan dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).


“Solusi yang kami tawarkan adalah melaksanakan pelatihan, melakukan demonstrasi dan mendampingi pengurusan legalitas usaha meliputi NIB dan IUMK,” jelasnya, Rabu (28/04/2021).


Lebih lanjut Wakil Rektor 2 Unirow  Tuban tersebut juga menjelaskan, hari ini merupakan penyerahan sertifikat NIB dan IUMK kepada 18 pelaku UMKM yang merupakan salah satu output dari kegiatan pengabdian masyarakat.

 

“Output dari pengabdian masyarakat salah satunya adalah para Pelaku UMKM memiliki NIB dan IUMK yang diserahkan hari ini," jelas Wakil Rektor 2 Unirow Tuban.


Disisi lain Rektor Unirow Tuban, Prof. Dr. Dra. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes memberikan apresiasi terhadap para dosen Unirow yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan dan pendampingan pengurusan ijin usaha (NIB dan IUKM) bagi UMKM anggota Forum IKM, Inovasi Tiada Henti Disperindag dan Pasar Digital Community di Kabupaten Tuban. 


“Harapan kedepan Unirow bisa tetap menjalin sinergi dengan UMKM dalam hal pembinaan dan pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan peran UMKM dalam pemulihan perekonomian pasca Pandemi covid-19,” harap Prof. Dian sapaan akrabnya. (Hud)

×
Berita Terbaru Update