-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tempat dan Fasilitas Terbatas, Relawan TIK Berdayakan Pemuda Pemudi Desa Melalui Ruang TIK

Monday, April 5, 2021 | 6:47 PM WIB Last Updated 2021-04-05T11:47:25Z

 


TUBAN (DutaJatim.com) - Sedikitnya 7 Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Tuban berinisiatif melakukan pemberdayaan pemuda pemudi desa melalui Ruang TIK.


Ruang TIK yang berada di Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel itu berdiri sejak 2019 yang dimotori oleh Afrizal Rizkillah, ketua Relawan TIK Tuban yang juga merupakan pemuda desa setempat.


Afrizal Rizkillah dalam keterangannya kepada reporter saat ditemui disela-sela kesibukannya menyampaikan, Ruang TIK sudah ada sejak 2019 yang terletak di samping lahan rumahnya di desa setempat. 


"Awalnya saya buatkan semacam ruangan studio yang bisa dimanfaatkan belajar pemuda pemudi desa sekitar Kecamatan Rengel," ucapnya, Senin, (05/04/2021).


Namun seiring berjalannya waktu, Ruang TIK yang dibuat masih sangat sederhana itu bisa diminati oleh pemuda pemudi kecamatan lain untuk belajar sharing bersama tentang TIK.


"Peserta dari berbagai kecamatan di antaranya: Rengel, Plumpang, Parengan, Senori, Kerek, .Merakurak dan Tuban Kota," imbuh lajang yang juga juara Pemuda Pelopor Jawa Timur 2019 bidang teknologi itu.


Adapun jenis pelatihan yang bisa diikuti, pihaknya menerangkan di antaranya, desain grafis, website, fotografi produk, dengan para peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan UMKM.


"Harapannya semakin banyak pemuda pemudi desa yang ada di Kabupaten Tuban yang memanfaatkan teknologi secara bijak dan bermanfaat bagi lingkungannya, khususnya bagi pemuda pemudi Rengel dan sekitarnya," harap Kak Rizal sapaannya.


Meski demikian, ia mengaku masih banyak kekurangan di Ruang TIK yang dikelolanya secara mandiri itu.


"Tempat masih kurang memadai dari segi fasilitas komputer dan luas ruangan pelatihan masih seadanya, ini pun dari sumbangsih relawan - relawan pemuda Rengel," tandasnya.


Sehingga pihaknya berharap, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk perkembangan Ruang TIK yang dikelolanya, agar bisa memberi kemanfaatan yang optimal bagi pemuda pemudi desa agar berdaya. (Hud)

×
Berita Terbaru Update