Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Acara Iftar With Neighbors Pesantren Nur Inka Nusantara Madani USA

Monday, May 3, 2021 | 18:28 WIB Last Updated 2021-05-05T09:52:06Z

 



Oleh Imam Shamsi Ali*

Alhamdulillah pada Sabtu, 1 Mei 2021, telah dilangsungkan acara Iftar with our neighbors dan warga lainnya di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani. Hadir tetangga setempat (semua non Muslim) dan juga warga Indonesia dan dari bangsa lainnya dari NY, DC, CT dan NH.

Iftar tahunan ini juga dihadiri oleh Konjen RI New York, Bapak Dr. Saiman Arifi dan Ibu serta beberapa staf KJRI New York. 

Dalam sambutannya Konjen RI menyambut senang dan mengapresiasi acara Iftar dengan neighbors ini. Beliau menyampaikan bahwa hidup berdampingan atau co-existent dalam masyarakat majemuk atau plural menjadi karakter yang indah dari kota New York. Dan karenanya sangat mengapresiasi acara Iftar ini sebagai upaya menguatkan semangat hidup berdampingan tadi.




Saya sendiri dalam sambutan singkat menjelang buka puasa menekankan pentingnya membangun jembatan untuk menghubungkan tidak saja antara kota atau daerah. Tapi yang terpenting adalah menguatkan hubungan di antara manusia. 

“Dan karenanya upaya saling mengenal (ta’aruf) dalam kerangka membangun saling memahami (mutual understanding) menjadi tuntutan dunia global kita saat ini. Apalagi dalam konteks dunia yang semakin saling mencurigai den membenci”.

“Proses saling mengenal ini pada akhirnya akan menyingkap kemanusiaan (humanity) kita. Dan kemanusiaan itulah sesungguhnya yang menjadi pijakan bersama atau “common ground” terkuat dalam Membangun hubungan di antara manusia”.

Acara Iftar ini juga mendapat apresiasi yang tinggi dari para non Muslim yang hadir. Mereka senang dan merasa nyaman dengan acara itu. Tidak saja karena menikmati ragam makanan ala Nusantara lezat yang semuanya disediakan secara suka rela oleh Ibu-Ibu. Tapi yang terpenting mereka senang dengan keterbukaan dan keramahan kita dalam menyambut mereka. 

Beberapa di antara mereka yang telah  hadir mengirimkan pesan singkat mengapresiasi acara dan penyambutan kita. Satu di antaranya saya teruskan di bawah ini: 

“Thank you so much for the book, and for including us among your friends and followers. And you all made us feel so welcome . All of you and the camp itself have a wonderful,  positive, calm energy. We feel fortunate to have become acquainted, and look forward to more interactions” (Nancy and Marc).

(Terima kasih banyak atas hadiah bukunya. Dan telah menjadikan kami sebagai teman dan pengikut anda. Anda telah menjadikan kami merasakan penerimaan yang sangat baik. Semua kalian, dan tempat perkemahan (pesantren) itu sendiri sangat memiliki energi positif dan tenang yang sangat menakjubkan. Kita  merasa beruntung telah menjalin hubungan. Dan kami mengharap lebih banyak lagi interaksi kita ke depan. (Nanci dan Marc).

Tentu bagi kami di Nusantara dan kita semua, ketika ada ekspresi positif seperti ini sungguh sebuah kebahagiaan. Karena memang salah satu kebahagiaan di tengah meningginya kesalah pahaman dan kebencian kepad Islam dan Muslim adalah ketika kita mampu meyakinkan orang lain bahwa Islam itu adalah ajaran “rahmah” dan persahabatan. Ajaran yang membawa kedamaian dan kerjasama untuk dunia yang lebih baik. 

Acara besar Nusantara Foundation selanjutnya adalah acara Halal Bihalal atau “Eid Celebration” yang insya Allah akan dilangsungkan pada hari Sabtu, 15 Mei 2021. Acara ini terbuka untuk semua warga, Muslim dan non Muslim. Silahkan dicatat hari dan tanggalnya. Dan ajak semua keluarga, saudara dan teman-teman untuk hadir bersama. 

Sekali lagi, atas nama Nusantara Foundation saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada semua warga yang telah mendukung pelaksanaan Iftar dan juga rencana Halal Bihalal mendatang. Semoga Allah memudahkan dan memberikan keberkahan kepada semua upaya untuk mensyiarkan ajaran agama ini. Amin!  (*)

New York, 2 Mei 2021


* Imam Shamsi Ali adalah pendiri Pesantren Nur Inka Nusantara Madani New York AS

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update