Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Diaspora Indonesia di Amerika: Eid Mubarak, Taqabbala Allahu Minna wa Minkum!

Wednesday, May 12, 2021 | 06:48 WIB Last Updated 2021-05-11T23:48:56Z


"Eid Mubarak. Taqabbala Allahu minna wa minkum! It’s been more than a year that we did not see each other in person. Covid 19 changed many things in our life. And so as we celebrate our success of completing the month of Ramadan with Eid, we want to maximize our joy by coming together with ‘measured caution’ Insha Allah." 


"We therefore invite you to our “ EID CELEBRSTION” at our Connecticut place. Saturday, May 15 (any time from 1 pm to 7 pm) Address: 613 Town Street Moodus CT. Bring your family & friends (Muslims and non Muslims). See you!" 


(Selamat Idul Fitri, Maaf lahir dan batin! Setelah setahun lebih kita diuji dengan Covid19, mungkin satu hal yang kita rindukan bersama adalah silaturrahim secara langsung. Untuk itu Nusantara mengundang Bapak/Ibu Sdr (i) untuk hadir bersama di acara: “Halal Bihalal Nusantara” di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani (613 Town Street Moodus CT). Sabtu, 15 Mei 2021 pukul 1:00 siang-malam.) 


(Semoga acara ini mengobati rasa rindu sesama di rantau. Ajak keluarga dan teman-teman, Muslim dan non Muslim, untuk hadir bersama. Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan memberkahi hidup kita selalu. Amin!)


Pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Kota Moodus, Connecticut, Amerika Serikat memiliki acara besar saat Lebaran Idul Fitri. Nusantara Foundation yang menaungi pesantren itu menggelar acara Halal Bi Halal atau “Eid Celebration” yang insya Allah akan dilangsungkan pada hari Sabtu, 15 Mei 2021. Acara ini terbuka untuk semua warga, Muslim dan nonMuslim. "Silakan dicatat hari dan tanggalnya. Dan ajak semua keluarga, saudara dan teman-teman untuk hadir bersama," kata Imam Shamsi Ali kepada DutaJatim.com. 


"Sekali lagi, atas nama Nusantara Foundation saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada semua warga yang telah mendukung acara kami, yakni pelaksanaan Iftar dan juga rencana Halal Bi Halal mendatang. Semoga Allah memudahkan dan memberikan keberkahan kepada semua upaya untuk mensyiarkan ajaran agama ini. Amin!," katanya.



Umat Islam di Amerika Serikat juga merasakan suasana yang sama dengan umat Islam Inggris saat merayakan Lebaran Idul Fitri. Mereka rindu berkumpul bersama keluarga dan teman. Karena itu acara halal bi halal menjadi tempat untuk menumpahkan kerinduan tersebut. 


Ira Damayanti misalnya. Diaspora Indonesia asal Kota Surabaya yang tinggal di Houston Amerika ini juga merasakan indahnya Idul Fitri salah satunya saat melakukan tradisi Lebaran. 


"Lebaran di Amerika seperti halnya di Indonesia, pagi ada Salat Ied, kebetulan memang di sini ada masjid komunitas Indonesia, yaitu Masjid Istiqlal di Sugarland yang lokasinya tidak jauh dari Kota Houston. Masjid Istiqlal ini didirikan secara swadaya oleh masyarakat. Masjid dengan halaman yang sangat luas. Untuk Lebaran tahun ini karena masih pandemi Insya Allah salat Ied akan dilaksanakan 2 kali supaya jamaah tidak berjejal dan tetap menjaga protokol kesehatan. Salat Ied-nya di halaman masjid. Halamannya luas banget," katanya kepada DutaJatim.com.


Setelah Salat Ied, kata dia, biasanya ada acara silaturrahmi di KJRI Houston. Tentu juga ada acara makan bersama dengan menu masakan seperti yang ada di Indonesia. Ada ketupat, opor ayam, rendang," kata muslimah asal Surabaya tapi sejak 1996 sudah merantau kuliah di Bandung dan ikut suami ke  Jakarta terus berlanjut ke Houston AS ini. 


Begitu pula Mustari Siara, aktor film Indonesia yang sekarang tinggal di New York. Dia mengirim jadwal Salat Idul Fitri di Masjid Al Hikmah New York yang insya Allah digelar Kamis 13 Mei 2021 waktu setempat. 


"Selamat Idul Fitri 1442 H untuk saudara semua di tanah air dan di mana saja. Tetap semangat, kita bersama berdoa agar wabah Covid -19 segera diangkat oleh Allah SWT dan berlalu, hilang  dari muka bumi ini, amiin," katanya. (Gatot Susanto)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update