-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jokowi Minta Siswa Tidak Lunglai, Nadiem Siapkan 4 Perbaikan Sistem Pendidikan

Sunday, May 2, 2021 | 13:20 WIB Last Updated 2021-05-02T06:25:42Z



JAKARTA (DutaJatim.com) - Hikmah memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei di tengah pandemi Covid-19 mengajarkan bangsa Indonesia agar selalu kuat. Karena itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para siswa untuk terus menjaga semangat memuntut ilmu. Meski telah setahun dilanda Covid-19, siswa diminta untuk tidak lemah.  Hal itu dikatakan Jokowi melalui postingan akun Instagramnya @jokowi. Dalam postingan tersebut Jokowi mengunggah sebuah sebuah foto ucapan Hardiknas yang syarat dengan arti.


Presiden Jokowi sendiri dalam unggahan fotonya memberi tulisan selamat Hari Pendidikan Nasional dengan memperlihatkan kondisi belajar mengajar di dalam kelas. Di dalam ruangan yang diisi oleh aktivitas guru dan siswa yang tengah melakukan proses belajar mengajar.


Meski terlihat suasana belajar pada umumnya yang terdapat papan tulis lengkap dengan penghapus dan spridol. Namun, gambar seolah tersebut memperlihatkan kondisi sekolah dengan menggunakan media daring.


Tidak ada sosok nyata melainkan hanya terlihat layar-layar guru dan siswa yang tengah belajar. Hal itu seolah mencerminkan kondisi pendidikan selama satu tahun terakhir yang dilakukan dengan menggunakan media daring.


Di dalam ruangan tersebut terlihat foto Presiden dan Wakil Presiden yang di tengahnya terdapat lambang Garuda Indonesia. Menempel juga foto pahlawan pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara


"Setahun lebih dunia terkungkung pandemi, tapi semangat belajar anak-anak kita jangan pernah lunglai. Semoga masa-masa sulit ini segera usai, dan kita semua bertatap muka lagi," kata Jokowi, Minggu (2/5/2021).


Seperti diketahui, guru dan siswa selama satu tahun terakhir menjalankan pembelajaran jarak jauh atau daring. Hal itu terjadi karena pandemi Covid-19 yang melanda selama Indonesia sejak Maret 2020. Banyak orang tua kesulitan. Banyak siswa kerepotan. Begitu pula para guru.


Sementara itu memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021, Menteri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Makarim mengungkapkan empat upaya memperbaiki sistem pendidikan.


"Empat upaya perbaikan (sistem pendidikan) terus kami kerjakan bersama berbagai elemen masyarakat. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan," papar Nadiem dalam teks pidato Hardiknas 2 Mei 2021 yang diterima wartawan Minggu, 2 Mei 2021.


"Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen," katanya.


Nadiem juga ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayat, dan mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.


"Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan Merdeka Belajar," katanya.


Selama memimpin Kementerian Pendidikan di masa pandemi, ada sepuluh episode Merdeka Belajar telah diluncurkan dan akan masih banyak lagi terobosan-terobosan Merdeka Belajar yang akan dilakukan.


"Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan," katanya. (l6/wis)

×
Berita Terbaru Update