-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Salat Idul Fitri di Masjid Al Hikmah New York: Meningkatkan Ibadah Pasca-Ramadhan Agar Hati Bersih dan Jiwa yang Tenang

Friday, May 14, 2021 | 11:34 WIB Last Updated 2021-05-14T04:34:53Z

 


NEW YORK (DutaJatim.com) - Ratusan jamaah Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah memenuhi Masjid Al Hikmah yang meluber ke halaman dan area parkir masjid, New York, Amerika Serikat, Kamis 13 Mei 2021 waktu setempat. 


Pelaksanaan Salat Ied dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat guna mencegah penularan Covid-19. Meski demikian, para jamaah sangat gembira karena bisa kembali beribadah secara berjamaah di masjid.

"Kami sangat gembira karena bisa sholat di masjid dan bisa bersilaturahim dengan sesama muslim dan sahabat setelah tidak berjumpa karena mengikuti protokol kesehatan dan mengikuti himbawan Pemerintah untuk lebih baik stay home," kata Mustari Siara, diaspora Indonesia di Kota New York, Jumat 14 Mei 2021 siang waktu Indonesia.




Imam dan katib salat Idul Fitri kali ini adalah Ustad  Muthahhir Arif. Dalam khutbahnya, Ustad Muthahhir Arif mengingatkan pentingnya kita ke fitrah. Kembali suci sesuai hakikat Idul Fitri.

Ustad  Muthahhir Arif. 



Salah satunya dengan memperhatikan hal hal sebagai berikut:

1. Menindaklanjuti ghirah beribadah selama Ramadan; dengan meningkatkan ibadah, seperti membaca Al Qur'an, bersedekah dan lain sebagainya.

2. Merayakan Idul Fitri sebagai hari kemenangan; saling memaafkan dan bersilaturrahmi ke  tetangga, keluarga, dan teman kolega.

3. Urgensi Tazkiyatun Nafs (pensucian jiwa) dari seluruh amal shaleh dan ibadah, dengan tujuan ketenangan jiwa dan kebahagiaan hidup. "Shalat, puasa, zakat, haji, semua bertujuan agar hati bersih," kata Ustad  Muthahhir Arif.

4. Mengapa demikian? Ya karena hanya hati bersih yang bisa minta maaf dan memaafkan,  ucapan lembut, tindakan positif, sukses bergaul, bahkan hanya 'hati bersih' yg masuk Surga. 


5. Pentingnya berdoa, dapat petunjuk Allah untuk kesucian hati.

"Setelah Salat Ied sebagian jamaah ada yang menghadiri acara Halal bi halal  IHNI dan KKSS yang diadakan  di kediaman Bapak Syaiful Hamid," kata Mustari Siara. 

Selain itu, ada juga halal BI halal yang digelar KJRI New York. Namun acara yang berlangsung  meriah dan semarak ini dilakukan secara virtual.

(Gatot Susanto)


×
Berita Terbaru Update