Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menko Polhukam: Visi BAZNAS yang Ingin Menyejahterakan Umat Sejalan dengan Tujuan Negara

Thursday, December 9, 2021 | 00:01 WIB Last Updated 2021-12-08T17:01:45Z

 


JAKARTA (DutaJatim.com) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Dr. Mahfud MD, SH., S.U., M.I.P menyampaikan, visi BAZNAS "Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat" sejalan dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 


Hal itu disampaikan Menko Polhukam saat menjadi pembicara kunci pada Rakernas RKAT 2022 BAZNAS RI dan BAZNAS Provinsi Se-Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta, 8-10 Desember 2021. 


"Memberikan kesejahteraan ini adalah salah satu tujuan negara kita, sehingga visi BAZNAS ini paralel dengan tujuan negara untuk membangun kemaslahatan bagi rakyatnya," ujar Mahfud MD.


Dia menambahkan, bahwa pentingnya memberdayakan umat melalui zakat. "Karena kalau kita abaikan nasibnya, mereka bisa kehilangan nasionalisme."


"Untuk itu melalui BAZNAS ini harus terus memberdayakan orang miskin yang saat ini jumlahnya sebanyak 10,9 persen dari penduduk di Indonesia," jelasnya. 


Mahfud MD juga meminta agar zakat dapat dikelola secara produktif bagi kesejahtreraan rakyat, sehingga tidak hanya memberikan bantuan jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang para penerima zakat. 


"Oleh sebab itu, sekarang mari kita berfikir kreatif agar zakat ini tidak hanya diberikan untuk yang sifatnya jangka pendek tetapi juga untuk yang produktif dan bermanfaat bagi pengentasan kemiskinan secara struktural," tambahnya.


Mahfud MD juga mengajak seluruh pihak untuk bersinergi bersama dalam memberikan kemaslahatan bagi umat. 


Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 150 peserta yang merupakan pimpinan seluruh BAZNAS Provinsi Se-Indonesia. 


Turut hadir membuka acara Rakernas RKAT BAZNAS 2022 pada Rabu (8/12/2021), Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, Plt. Sekjen Kemendagri Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah Kemenko Perekonomian Dr. Erdiriyo, SE, MM, dan Wakil Ketua Satgas Pengembangan Keuangan Syariah dan Ekosistem UMKM OJK M. Ismail Riyadi. 


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua BAZNAS RI, Mo Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Ir. M Nadratuzzaman Hosen, MS, M.Ec, Ph.D, Rizaludin Kurniawan, M.Si, Saidah Sakwan, MA, Kolonel Caj. (Purn) Drs. Nur Chamdani, KH. Achmad Sudrajat, Lc, MA, Suminto, M.Sc, Ph.D (Ex Officio Kemenkeu), Deputi BAZNAS RI M Arifin Purwakananta, dan Sekretaris Utama BAZNAS RI selaku Ketua Umum Rakernas RKAT 2022 BAZNAS Se-Indonesia RI Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd.


Untuk itu, melalui Rakernas RKAT 2022 ini akan membahas terkait rapat kerja Bidang Pengumpulan, Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Bidang Perencanaan, Kajian, Pengembangan dan IT, SDM, Keuangan, Bidang Pengendalian Internal, serta Bidang Koordinasi Zakat Nasional guna mengoptimalkan peran zakat ke depan.


Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan sangat ketat dengan menyediakan layanan tes antigen oleh tim Rumah Sehat BAZNAS (RSB), serta perizinan dari pihak berwenang. (hud)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update