Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Temukan Rumah Warga Roboh Akibat Banjir, Bupati Baddrut Tamam Perintahkan DPRKP Segera Dibangun

Tuesday, March 8, 2022 | 08:48 WIB Last Updated 2022-03-08T01:48:08Z

PAMEKASAN (DutaJatim.com) - Bupati Pamekasan Senin (7/3/2022) sore kemarin kembali mengunjungi warga yang terkena dampak banjir. Warga yang dikunjungi adalah Rodiyah (45) warga RT 03 dan Mattamin (50) warga RT 02, warga Kelurahan Jungcangcang Kecamatan Pamekasan. Bupati memberikan bantuan paket sembako, selimut, alat masak dan lain-lain.


Kedua warga korban banjir besar yang terjadi di Pamekasan Selasa (1/3/22) lalu itu adalah keluarga miskin yang tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH). Tidak heran apabila akibat terkena hempasan banjir luapan air sungai di dekat perkempungan mereka, salah satu rumah mereka yakni milik Rodiyah roboh.


Melihat kondisi itu Bupati Baddrut Tamam langsung memerintahkan kepada Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), Muharram, yang juga mengikuti rombongan Bupati dalam kunjungan itu untuk memperbaiki dan membangun kembali rumah Rodiyah. "Tolong ini rumahnya dibantu, rumahnya dibangunkan," kata Baddrut Tamam.


Bupati juga meminta Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Moch. Tarsun agar memasukkan kedua warga tersebut dalam data warga yang bisa mendapatkan bantuan program keluarga harapan (PKH). "Ini katanya tidak dapat PKH pak, tolong dibantu ya," ujarnya.


Terkait dengan hal itu, Baddrut Tamam, juga meminta kepada kedua warga yang bersangkutan untuk menyerahkan berkas-berkas persyaratan administrative yang dibutuhkan untuk mendapat program keluarga harapan (PKH) dan menerima bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada dinas terkait melalui lurah setempat.


Selain mengunjungi rumah warganya, Bupati juga mengecek langsung sungai yang meluap saat banjir beberapa waktu lalu. Dia berjanji bersama Pemprov Jawa Timur akan melakukan pengerukan sungai dan akan membangun bronjong di sungai tersebut.


"Sekarang upaya pengerukan sungai akibat banjir lalu, sudah dimulai dari sungai yang ada di Dusun Krettek Desa Pademawu Barat, dan terus akan dilakukan secara bertahap hingga tuntas semua sungai pengerukannya " ungkapnya.


Dia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan  bersabar atas musibah yang menimpanya.  Pihak pemerintah daerah, kata dia, akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk mengatasi dampak negatif banjir dan langkah  jangka panjang untuk menghindai banjir lagi. 


Bupati Baddrut Tamam sampai ke rumah dua warga Kelurahan Jungcangcang itu bersama rombongan, rela masuk blusukan ke gang-gang sempit menuju rumah warga untuk bertemu dan memberikan bantuan langsung kepada korban banjir yang ekonominya di bawah rata-rata, dan untuk memastikan bantuan tersebut benar benar tepat sasaran. (mas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update