Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gus Yahya Ungkap Hubungan Gus Dur, Megawati, dan Pak Harto

Tuesday, April 5, 2022 | 13:35 WIB Last Updated 2022-04-05T06:35:48Z
Gus Yahya

JAKARTA | DutaJatim.com - Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya mengungkap hubungan antara Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang cukup dekat tapi dikabarkan sempat renggang. Gus Yahya melihat kedua tokoh itu sebagai ikon perlawanan terhadap rezim Orde Baru di bawah presiden Soeharto atau Pak Harto.


Gus Yahya mengungkap hal itu dalam serial Inspirasi Ramadhan 2022 bertajuk 'Inspirasi Keteladanan Gus Dur' yang ditayangkan melalui akun YouTube BKN PDI Perjuangan, Selasa (5/4/2022). Selanjutnya Gus Yahya juga meluruskan anggapan seolah-olah Gus Dur dan Megawati berkonflik.


"Ini normal saja ya, Gus Dur kenal dengan Bu Mega sudah sejak lama, seperti kakak adik hubungannya, sudah puluhan tahun, dan ada banyak hal yang beliau berdua berbagi, artinya pemikiran yang sama di antara beliau berdua, tetapi mungkin saja dalam politik praktis kemudian ada gesekan-gesekan, itu yang sangat wajar," kata Gus Yahya.


Tak hanya dengan Megawati, menurut Gus Yahya, Gus Dur juga cukup dekat dengan Presiden RI ke-2 Soeharto. Namun, Gus Yahya juga menekankan, bahwa ada banyak perbedaan Gus Dur dengan Soeharto.


"Sehingga kalau sekarang kita melihat misalnya dalam perjalanan politiknya ada momentum-momentum yang terlihat Gus Dur berseberangan dengan Bu Mega, itu wajar saja, karena memang politik kan seperti itu, politik itu muamalah," ujarnya.


Gus Yahya menjelaskan soal politik adalah muamalah, seperti halnya transaksi dagang, hal itu harus dilakukan secara objektif dan itu sama halnya seperti politik.


"Beliau berdua ini ada dua orang yang menjadi ikon katakanlah oposisi terhadap Orde Baru pada waktu itu, sebagian besar dari dinamika politik yang oposisi, yang oposan, terhadap Orde Baru, ini bermuara terhadap Gus Dur dan Ibu Mega," katanya. (det




No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update