Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Rumah Sedekah NU dan UNISMA Siaga Bantu Korban Banjir

Friday, October 28, 2022 | 18:31 WIB Last Updated 2022-10-28T11:39:31Z


MALANG (DutaJatim.com) - Rumah Sedekah NU dan UNISMA menyalurkan bantuan untuk korban banjir. Prosesi penyerahan ini dilaksanakan di Kampus Universitas Islam Malang (UNISMA). Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian sosial kepada para korban banjir. Banjir yang terjadi di banyak tempat di Jawa Timur menggerakkan para aktivis sosial dari Rumah Sedekah NU sekaligus akademisi dari UNISMA untuk memberikan uluran bantuan. 


Beberapa titik banjir yang menjadi fokus penyaluran bantuan yaitu Malang, Blitar, dan Trenggalek. Dalam hal penyaluran kedua belah pihak baik Rumah Sedekah NU maupun UNISMA dengan tim UNISMA Peduli, sepakat menyalurkan bantuan dengan melibatkan TV9 Peduli dengan program Peduli Banjir Jawa Timur. 


Selain itu, penyaluran bantuan ini juga melibatkan LPBI NU (Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama). Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) adalah lembaga yang secara struktural-organisatoris merupakan pelaksana kebijakan dan program Nahdlatul Ulama di bidang penanggulangan bencana, perubahan iklim, dan pelestarian lingkungan. Selanjutnya lembaga lain yang terlibat dalam penyaluran bantuan ini yaitu LP (Lembaga Pendidikan) Ma'arif NU Jawa Timur, KPB (Komisi Penanggulangan Bencana) NU Jawa Timur.


Setelah melalui proses diskusi, Program Peduli Banjir Jawa Timur ini nantinya akan menyalurkan bantuan ke titik-titik banjir dengan beberapa bentuk bantuan. Di Trenggalek, nantinya bantuan akan difokuskan untuk Mushola dan Masjid dalam hal pembelian atau perbaikan inventaris tempat ibadah yang terdampak banjir. 


Contohnya perbaikan atau pembelian amplifier, karpet, dan inventaris lainnya. Kemudian untuk penyaluran bantuan di Blitar, bantuan akan difokuskan pada bantuan kemanusiaan. Harapannya bantuan ini akan meringankan para korban banjir yang sementara ini berhenti bekerja menunggu banjir surut. Sementara itu, penyaluran bantuan di Malang akan difokuskan pada bantuan sembako, sarung, dan mukena. Tentu harapannya dapat meringankan korban banjir yang ada di Malang ini.


"Musibah banjir yang sudah terjadi sekitar satu minggu ini, tentu menjadi perhatian kita semua untuk bergerak memberi bantuan. Tentunya beberapa fokus penyaluran bantuan ini akan kami sesuaikan dengan kebutuhan para korban banjir di masing-masing titik lokasi banjir"  kata  KH. Noor Shodiq Askandar (Gus Shodiq), Inisiator Rumah Sedekah NU, Jumat (28/10/2022). 


Selain itu Rektor Unisma, Prof. Dr. Maskuri juga sangat mendukung penyaluran bantuan ini. Unisma yang berkolaborasi dengan Rumah Sedekah NU ini akan selalu siaga memberikan bantuan kepada korban banjir di Jawa Timur. 


"Bantuan yang berasal dari UNISMA bukan hanya dari lembaga UNISMA saja tetapi dari dosen-dosen yang juga ikut memberikan uluran bantuan untuk korban banjir. Kita akan siap selalu memfasilitasi siapa saja yang hendak ikut bersedekah terutama untuk korban banjir ini," tegas Rektor saat dimintai keterangan tim media.


Agenda penyaluran bantuan ini diakhiri dengan prosesi penyerahan bantuan dari UNISMA dan Rumah Sedekah NU kepada LPBI NU Jatim. Dalam prosesi ini, UNISMA diwakili oleh Prof. Dr. Maskuri selaku Rektor, sementara dari Rumah Sedekah diwakili oleh Agus Susanto salah satu Mitra Rumah Sedekah NU.

(Pewarta: Tim Redaksi Manbaul Ulum)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update