Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PMI Hongkong Terharu dengan Kepedulian Gubernur Khofifah, Misi Dagang dan Investasi Jatim Pecahkan Rekor

Tuesday, May 16, 2023 | 13:44 WIB Last Updated 2023-05-16T06:44:08Z


HONGKONG (DutaJatim.com) - Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hongkong terharu dengan kepedulian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada nasib mereka saat melakukan kunjungan kerja di negeri bekas koloni Inggris itu. 


Pasalnya, Gubernur Khofifah bukan hanya sukses memimpin Misi Dagang dan Investasi Provinsi Jatim yang berhasil memecahkan rekor komitmen transaksi sepanjang program ini dilaksanakan baik di dalam maupun luar negeri, tapi Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga melakukan kegiatan sosial dan ekonomi yang dipastikan bisa meningkatkan kesejahteraan para PMI di Hongkong maupun keluarganya di Jatim.  


Selain sukses dengan misi dagang yang memecahkan rekor dalam even East Java Trade Mission and Investment di Hongkong dengan total transaksi fantastis mencapai Rp 1,101 triliun, Gubernur Khofifah juga melakukan aktivitas sosial yang membuat terharu semua PMI dan para diaspora Indonesia di Hongkong yang hadir. Salah satunya saat Gubernur Khofifah membenahi nisan dua makam PMI asal Tulungagung dan Banyuwangi yang meninggal satu tahun lalu di Hongkong.


Ketua PCI Muslimat Nahdlatul Ulama (PCI MNU) Hongkong-Macao, Hj. Fatimah Angelia, kepada DutaJatim.com dan Global News Selasa (16/5/2023), mengatakan, bahwa para PMI sangat senang dengan kegiatan Gubernur Khofifah selama berkunjung ke Hongkong, baik kegiatan sosial maupun ekonomi, yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan para PMI dan keluarganya di Tanah Air. "Terkait misi dagang yang sangat fantastis itu, bukan hanya industri skala besar, para anggota Muslimat dan para PMI juga ada yang dilibatkan. Misalnya soal mendatangkan buah-buahan dan berbagai makanan olahan dari Jatim," katanya.   


Dr KH Husnul Khuluq MM,  Wakil Ketua IV Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur yang juga ikut mendampingi Gubernur Khofifah dalam kunjungan kerja ke Hongkong, kepada DutaJatim.com dan Global News, Selasa (16/5/2023), menjelaskan, bahwa Gubernur Khofifah sangat peduli kepada warganya baik di Tanah Air maupun di perantauan negeri orang. Karena itu, para PMI dan diaspora di Hongkong pun sangat senang dengan perhatian yang diberikan oleh Gubernur Jatim yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.


Husnul Khuluq memberi contoh kegiatan sosial membenahi nisan dua makam PMI asal Banyuwangi dan Tulungagung yang meninggal di Hongkong. Makam berisi jenazah dua PMI asal Jatim itu berada di tebing yang sewaktu-waktu bisa longsor sehingga harus dibenahi.


"Gubernur turun langsung ikut membenahi nisan makam dua PMI tersebut.  Ini membuat semua yang hadir terharu," katanya.


Momen itu semakin membuat haru setelah Gubernur Khofifah dalam kesempatan itu melakukan video call dengan keluarga almarhumah dua PMI itu, baik yang tinggal di Banyuwangi maupun di Tulungagung. Kedua keluarga PMI itu mengucapkan beribu terima kasih kepada Gubernur Khofifah atas kepeduliannya kepada almarhumah.   


"Jadi bukan hanya para PMI yang masih hidup, tapi PMI yang sudah meninggal dunia pun tetap menjadi perhatian Ibu Khofifah. Para PMI juga senang sebab mendapat pelatihan-pelatihan digital untuk membuka usaha agar tidak terus menerus menjadi PMI. Mereka bisa membuka bisnis saat kembali ke daerah asalnya di Jatim," katanya.


Sebelumnya Gubernur Khofifah sempat bersilaturahmi dengan 100 orang perwakilan PMI asal Jatim di Hongkong dalam acara Gathering Penguatan Pasar Antar-Negara di Hotel Regal Hongkong, Minggu (14/5/2023) waktu setempat. Dalam kesempatan itu Gubernur berjanji memberikan penguatan berupa pelatihan skill atau keterampilan terkait ekonomi digital.


“Sebelum dilantik sebagai Gubernur, saya  pernah berkunjung ke Hongkong dan bertemu dengan para PMI. Ketika mendengar harapan dan masukan para PMI, saya mengusulkan dibangun shelter bagi PMI di Hongkong. Namun tidak memungkinkan  secara regulasi. Semoga akan ada perubahan kebijakan dari pusat mengingat banyak PMI dari Jawa Timur sehingga Pemprov bisa melindungi secara lebih kontinyu,” kata Gubernur Khofifah. 


Dikatakan, shelter ini berperan sebagai langkah preventif maupun  ketika ada persoalan sosial dan psikologis maupun secara keagamaan, maka ada tempat yang memberikan pelayanan bagi para PMI. Namun ternyata secara anggaran, regulasinya  tidak dimungkinkan. Semoga segera ada kebijakan baru dari pusat.


“Saat ini yang bisa kita lakukan adalah saat PMI kembali ke tanah air, sebagian besar memang sudah memiliki skill yang sudah didapat saat bekerja di Hongkong maupun skill setelah sampai di tanah air. Nah kami akan kembali menguatkan terutama agar mereka bisa mengembangkan bisnis secara digital,” katanya.


Pelatihan tersebut dapat dilakukan di Kampus UMKM  Shopee Malang yang terletak di UPT milik Dinas Koperasi dan UMKM Jatim di Malang. Kampus  Shopee di Malang, setiap batch-nya bisa memberikan pelatihan bagi 40 orang selama tiga bulan secara gratis. Keterampilan yang diajarkan mulai dari konsultasi produk, fotografi produk, hingga pemasaran secara digital. 


“Mereka diajari menyiapkan produk dengan kualitas terstandarisasi,  memotret produk sehingga orang tertarik membeli produk kita. Termasuk diajari cara memasarkan produk secara digital, dan melalui keterampilan public speaking. Karena di sana ada ruangan khusus yang mengajarkan berjualan secara live streaming. Kalau sudah tiga bulan, mereka diharapkan  menjadi top marketer karena penjualannya sudah harus berbasis online,” katanya.


Untuk itu, melalui pertemuan ini dia berharap akan ada rekomendasi yang dihasilkan dari berbagai usulan para PMI asal Jatim di Hongkong. Usulan program tersebut jika memungkinkan nantinya akan dimasukkan dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) milik Kemendagri.


“Jika tidak memungkinkan, maka kami menyiapkan berbagai macam program keterampilan baik yang menggunakan APBD Pemprov Jatim maupun yang menggunakan program CSR dari BUMD milik Pemprov Jatim," tutur Khofifah.


"Kita akan bangun sinergitas yang lebih kuat karena pada dasarnya saya ini cukup lama bersahabat dan berkomunikasi dengan PMI di berbagai negara. Persahabatan saya dengan PMI itu termasuk cukup dekat,” katanya.

   


Sementara Misi Dagang & Investasi Jatim digelar di Hotel Regal Hongkong, Senin (15/5/2023). Misi dagang dan investasi ini mempertemukan pelaku usaha Jatim dan Hongkong. Misi tersebut juga berhasil menarik buyer (pembeli) dari Mainland China.


Adapun transaksi yang berhasil dilepas ialah komoditi produk olahan kopi, produk pertanian, fashion, produk makanan, ikan beku, aneka keripik buah, alpukat mentega, manggis, mete, meatball, marinated steak, Cilembu, Coconut, dan Birdnest/sarang burung walet. Transaksi terbesar yaitu komoditi coconut antara CV. Illoed Jaya Nusantara dengan Feihuang Weida senilai Rp 864 miliar dengan kontrak selama 1 tahun.


Diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari Delegasi Provinsi  Jatim, jajaran KJRI Hongkong, dan sejumlah pelaku usaha yakni 35 Pelaku Usaha dari Provinsi Jatim dan 30 pelaku usaha dari Hongkong.


Gubernur Khofifah mengatakan, berbagai inovasi dan kolaborasi terus dilakukan untuk mengakselerasi peningkatan kinerja sumber pertumbuhan ekonomi, termasuk investasi dan nilai ekspor. Untuk itu, misi dagang dan investasi di Hongkong ini memiliki peran strategis untuk meningkatkan nilai investasi dan perdagangan Hongkong di Jatim.


Sebelumnya, Misi Dagang dan Investasi juga sukses dilaksanakan di Riyadh, Arab Saudi, pada November 2022. Lalu Kuala Lumpur, Malaysia, pada Desember 2022, dan Dili, Timor Leste pada Maret 2023.


Khofifah mengatakan, selama  periode 2010 sampai 2022, Hongkong menduduki peringkat ke tujuh dalam daftar negara asal investor di Jawa Timur dengan total capaian realisasi investasi sebesar US$. 1.353.100.000. 


“Untuk itu kami berharap setelah kami menggelar langsung misi dagang dan investasi Jatim di Hongkong ini, akan ada peningkatan nilai investasi Hongkong di Jatim. Dan tentunya juga ada peningkatan nilai perdagangan antara Jatim dan Hongkong,” katanya.


Khofifah mengatakan, selama lima tahun terakhir realisasi investasi Jawa Timur menunjukkan tren pertumbuhan yang positif. Hal ini dibuktikan dengan adanya capaian realisasi yang signifikan sepanjang Tahun 2022 mencapai Rp.110,3 Triliun. Realisasi investasi Jawa Timur pada sepanjang tahun 2022 secara y-o-y meningkat sebesar 38,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.


“Hal yang cukup menggembirakan adalah sepanjang tahun 2022 capaian realisasi Jawa Timur didominasi oleh Penanaman Modal Asing (PMA) yang lebih besar dibandingkan Penanaman Modal Dalam  Negeri (PMDN) dengan peningkatan jumlah PMA sampai dengan 66,7% dibandingkan tahun 2021,” katanya.


Selain meningkatkan nilai investasi, misi dagang dan investasi di Jatim ini diharapkan dapat meningkatkan nilai perdagangan Hongkong dan Jatim. Hal ini dikarenakan neraca perdagangan antara Provinsi Jatim dengan Hongkong selama kurun waktu 2018 – 2022 menunjukkan tren fluktuatif bagi Jatim. 


Pertumbuhan ekspor Jawa Timur ke Hongkong menguat pada tahun 2022 sebesar 74,63 persen. Sedangkan dari sisi impor, signifikansi Hongkong bagi Jawa Timur dapat dilihat dari menguatnya posisi Hongkong yang masuk ke dalam enam besar negara asal impor Jawa Timur pada tahun 2022.


“Untuk itu kami mengundang para investor dan buyer dari Hongkong untuk sesegera mungkin datang ke Jawa Timur untuk melihat langsung potensi kerjasama dan investasi yang bisa dilakukan di Jatim.  Sehingga ada penguatan komunikasi dan kolaborasi yang diikuti transaksi perdagangan dan investasi signifikan,” katanya.


Ditegaskan Khofifah, Misi Dagang dan Investasi ini merupakan upaya fasilitasi Pemprov Jatim untuk mempertemukan para pelaku usaha dari Jawa Timur dan negara mitra dalam menyebarluaskan potensi produk industri, perdagangan, dan peluang investasi lainnya secara terintegrasi.


“Pemprov Jatim terus melakukan berbagai upaya perluasan jaringan pasar, baik dalam upaya peningkatan kerjasama dengan Negara Mitra maupun upaya peningkatan daya saing produk unggulan dalam negeri. Sehingga dalam misi dagang ini kami harap akan ada kontrak dagang antara pelaku usaha Jatim dengan buyer Hongkong,” katanya.


Lebih lanjut, Khofifah turut menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada jajaran Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hongkong yang telah membantu dan memfasilitasi terselenggaranya misi dagang dan investasi Jatim di Hongkong ini.


“Terima kasih Pak Konjen dan jajaran Konsul di KJRI. Ini menjadi upaya yang sangat strategis dan signifikan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia dan khususnya Jatim,” katanya.


Jawa Timur, lanjutnya, memegang peranan signifikan terhadap kinerja ekspor nasional dengan kontribusi sebesar 9,38 persen pada Januari – Maret 2023 dan berada pada urutan ketiga sebagai provinsi dengan kontribusi terbesar terhadap capaian kinerja ekspor nasional.


Nilai ekspor Jawa Timur pada periode Januari – Maret 2023 mencapai USD 5,29 miliar, sedangkan ekspor nonmigas sebesar USD 5,05 miliar. Ekspor nonmigas masih memegang peranan penting sebagai kontributor utama terhadap total capaian kinerja ekspor. Pada Maret 2023, sebesar 95,33 persen ekspor Jawa Timur ditopang oleh ekspor nonmigas. 


“Oleh karena itu, berbagai upaya dan stimulus bagi peningkatan kinerja ekspor nonmigas menjadi prioritas Pemerintah. Salah satunya melalui kegiatan misi dagang dan investasi di negara mitra,” katanya.


Sebagai informasi, komoditas unggulan ekspor Jawa Timur ke Hongkong antara lain Perhiasan/Permata; Susu, Mentega, Telur; Ikan dan Udang; Tembakau; Alas Kaki; Berbagai Makanan Olahan; Olahan dari Tepung; Kayu, Barang dari Kayu; Bahan Kimia Organik; Produk Industri Farmasi.


Sedangkan komoditi impor Jawa Timur dari Hongkong yaitu Perhiasan/Permata; Mesin/Peralatan Listrik; Mesin-Mesin/Pesawat Mekanik; Besi dan Baja; Plastik dan Barang dari Plastik; Benda-Benda dari Besi dan Baja; Tembaga; Kertas/Karton; Jangat dari Kulit Mentah; Kapas Gumpalan, Tali.


Sementara itu, Konsul Jenderal RI di Hongkong, Ricky Suhendar mengatakan bahwa Hongkong memiliki hubungan strategis dan potensial dengan Indonesia. Menurutnya, Hongkong adalah salah satu investor terbesar di Indonesia. Dengan adanya forum misi dagang Jatim di Hongkong ini, ia percaya nilai transaksi dan investasi Hongkong di Jatim akan terus meningkat dari tahun ke tahun.


“Saya harap forum ini akan bermanfaat bagi kita untuk terus belajar dan mengetahui lebih banyak tentang bagaimana potensi yang dimiliki Provinsi Jatim baik tentang peluang bisnis di bidang energi, agrobisnis. Jawa Timur adalah kekuatan ekonomi terbesar kedua setelah DKI Jakarta,” katanya.


“Untuk itu, saya mendorong Anda semua para buyer dan investor dari Hongkong untuk bergabung dan mencari peluang dan potensi di Jatim. Saya yakin forum ini akan menghasilkan sesuatu yang produktif,” pungkasnya.


Dalam kesempatan itu turut dilakukan penandatanganan komitmen transaksi perdagangan antar Pelaku Usaha Jawa Timur dan Pelaku Usaha Hongkong. Yakni PT. Santos Jaya Abadi dengan Getz Bros & Co. (Hongkong) Limited dengan nilai transaksi Rp 55,5 miliar dan komoditi kopi. Kemudian PT Jatim Grha Utama dengan Talim Enterprises Ltd dengan nilai transaksi Rp 2,25 miliar dan komoditi alpukat mentega. 


Komitmen transaksi juga dilakukan oleh HIPMI Jatim dengan Junior Chamber International dengan multi produk dan nilai transaksi Rp. 67,5 miliar. Juga presentasi dan pameran produk oleh pelaku usaha Jatim, presentasi peluang investasi Jatim, dan One on One Business Meeting.


Turut hadir dalam misi dagang ini, Konsul Ekonomi KJRI Hong Kong Slamet Noegroho dan Yomi Eka Putra, Konsul Perdagangan KJRI Hong Kong Ayu Wulan Sagita, Konsul Bea dan Cukai KJRI Hong Kong Buhari Sirait. Serta beberapa Kepala BUMD Provinsi Jatim dan jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim yakni Kepala Disperindag Provinsi Jatim, Kepala Diskop UKM Prov. Jatim, Kepala DPMPTSP Prov. Jatim Dyah Wahyu Ermawati, Karo Umum Setdaprov Jatim, Karo Pemerintahan dan Otda Setdaprov Jatim, dan Karo Adpim Setdaprov Jatim. (Nas)



No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update