Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Berbagi Pengalaman Birokrasi, Rasiyo Sekdaprov Era Gubernur Soekarwo Luncurkan Buku Biografi

Saturday, July 22, 2023 | 18:02 WIB Last Updated 2023-07-22T11:02:11Z

 


SURABAYA (DutaJatim.com) – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur era Gubernur Soekarwo, Rasiyo, terbitkan buku biografi. Buku yang bertajuk Anak Desa Itu Bernama Rasiyo; Sebuah Catatan Perjuangan Sekdaprov Jatim Era Gubernur Soekarwo itu menceritakan kisah hidup Rasiyo dari masa sulit hingga akhirnya menjadi orang nomor satu di jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov Jatim.


Buku ini mendapatkan apresiasi dan kata pengantar dari dua Gubernur Jawa Timur, yaitu, Gubernur Imam Utomo dan Gubernur Soekarwo.


“Sebuah kebanggaan bagi saya tentunya, Pak Imam dan Pakde Karwo berkenan memberikan kata pengantar untuk buku saya,” jelas Rasiyo, Sabtu, (21/7/2023).


Rasiyo menjelaskan, buku yang diluncurkannya berisi tentang cerita perjalanan hidupnya dan masa ketika ia mengabdi di dunia pendidikan. Selain itu, juga berisi tentang jejak pengabdiannya yang komprehensif ketika menjadi Sekdaprov Jatim.


“Saya ingin menyuguhkan dan menceritakannya dalam satu ajang sharing tentang apa yang secara fisik dan batin saya dapatkan selama berpuluh tahun karier saya berjalan. Buku adalah wadah yang tepat.,” terangnya pria asal Madiun yang saat ini tengah melangkah sebagai calon legislatif daerah pemilihan satu Jatim dari partai Demokrat tersebut.


Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa banyak pelajaran yang ia tuangkan dalam buku ini dan itu diniatkan sebagai tauladan bagi anak cucu dan generasi muda serta para pembaca. Bagaimana kita bersikap dan berperilaku dalam hidup. Bagaimana kita memperlakukan orang lain, dengan segala sikap mereka kepada kita. Apa kunci utama dalam meraih kesuksesan. Semua saya tuangkan dalam buku biografi saya ini.

                                                                           

“Di buku ini, saya ingin berbagi pengalaman, bahwa Kehendak Tuhan selalu indah untuk hamba Nya. Yang terpenting adalah menjalani apa yang telah digariskan dengan sebaik-baiknya dan selalu percaya bahwa apapun itu, selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik,” ungkapnya.


Sementara, ditemui dilain tempat, penulis buku biografi rasiyo yang berjudul Anak Desa Itu Bernama Rasiyo; Sebuah Catatan Perjuangan Sekdaprov Jatim Era Gubernur Soekarwo, Permata Ayu mengatakan buku biografi yang ditulisnya ini menceritakan siapa sosok Rasiyo saat ini, ketika ia menjadi Sekdaprov, menjadi Kepala Dinas Pendidikan Jatim, menjadi pengawas, guru, dan diakhiri dengan kisah latar belakang seorang Rasiyo yang ternyata seorang anak petani.


”Saya menggunakan alur flasback untuk menceritakan episode-episode cerita hidup Pak Rasiyo. Saya ingin menyuguhkan sebuah cerita biografi yang sedikit lain,” ujarnya.


Lebih lanjut, Ayu, sapaan akrabnya, menjelaskan banyak pelajaran yang dapat diambil dari apa yang diceritakan dalam buku. Tentang kepemimpinan, tentang leader, tentang ketekunan bekerja, tentang baik dan buruk komunikasi dan hubungan antar rekan kerja dan relasi. Serta tentunya pelajaran-pelajaran spiritual tentang kesabaran, keikhlasan dan tentu saja kepasrahan kepada Sang Pencipta.


“Bukan hanya pembaca yang dapat mengambil pelajaran dari buku ini. Sebagai penulis, saya pun mendapatkan banyak pelajaran tentang hidup selama proses penggalian materi dan proses penulisan buku. Menurut saya, buku ini sangat layak untuk dibaca,”pungkasnya.


Tertarik untuk membaca buku ini? Dapatkan Pre Order buku Anak Desa Itu Bernama Rasiyo; Sebuah Catatan Perjuangan Sekdaprov Jatim Era Gubernur Soekarwo di PustakaJC.co. pemesanan dapat dilakukan langsung dengan membuka website pustakaJC.co dengan alamat www.pustakajc.co atau melalui email redaksi@pustakajc.co atau whatsapp di nomor 0877 5328 9275. Dapatkan diskon menarik untuk 10 pemesan pertama. (din)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update