Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sahabat Cak Anam Kenang 40 Hari-nya dengan Buku "Gila NU"

Thursday, November 16, 2023 | 12:07 WIB Last Updated 2023-11-16T05:07:38Z

 


SURABAYA (DutaJatim.com) - Sejumlah Sahabat Cak Anam --panggilan Drs H Choirul Anam, penulis, jurnalis, politisi, dan aktivis NU-- mengenang wafatnya pada 9 Oktober 2023 dengan meluncurkan buku "Choirul Anam, 9 Bersaudara 'Gila' NU" pada tahlil 40 harinya di kediamannya, Jalan Kutisari Indah Barat, Surabaya, Rabu malam.


"Semoga Cak Anam selalu memperoleh maghfiroh dan rahmat Allah SWT," kata salah seorang Sahabat Cak Anam, HA Wahid Asa, disela-sela Tahlil 40 Hari Wafatnya Cak Anam yang dihadiri puluhan sahabat, bahkan beberapa sahabat dari luar Surabaya juga hadir turut berdoa.


Sabahat yang memberikan kesan dalam buku yang dibagikan dalam Tahlil 40 Hari di Surabaya (15/11) dan Jombang (16/11) itu antara lain Ketua Umum MUI Pusat KH Anwar Iskandar yang merupakan sahabat sesama aktivis PMII dan di PWNU Jatim di era kepemimpinan almarhum KHA Hasyim Muzadi.


"Ingatannya sangat kuat, pikirannya cerdas, seorang penulis, jurnalis. Sekarang belum ada yang mewarisi kemampuan Cak Anam. Bayangkan! Dia bisa merekam sejarah perjalanan politik NU sejak bergabung dengan Masyumi, menjadi kekuatan politik bersama PNI, Masyumi, PKI. Tidak ada yang mengikuti, politisi yang berakar sejarah," kata pengasuh pesantren yang juga Wakil Rais Aam PBNU.


Kesan lain dalam buku itu disampaikan oleh Mokhammad Kaiyis (adik Cak Anam/jurnalis), Hairus Salim HS (alumni IAIN Yogyakarta dan UGM), Ayung Notonegoro (founder Komunitas Pegon/penulis sejarah NU), Luthfil Hakim (Ketua PWI Jatim), Prof DR KH Ali Maschan Moesa MSi (PMII/UINSA dan mantan Ketua PWNU Jatim), dan Prof H Kacung Maridjan MA PhD (Fisip Unair/Warek Unusa).


Selanjutnya, Khoirul Anwar (Ansor/founder TIMES Indonesia Network), Prof DR Habib Muhammad Baharun SH MA (mantan reporter Tempo/juru dakwah/peneliti Syiah), Edy M Ya'kub (IPNU/ISNU/penulis/wartawan LKBN ANTARA), A Effendy Choirie (santri/wartawan/PMII/politisi), A Hakim Jayli (CEO TV9 Nusantara), dan Riadi Ngasiran (jurnalis nahdliyyin, penulis, kontributor Jurnal Archipel Paris/2006),


Selain itu, Muzammil Syafi'i (Ketua MA IPNU Jatim/F-Nasdem DPRD Jatim), Muhammad Said Sutomo (Ansor/Koordinator IKA Anshorullah Jatim), H Tjetjep Muhammad Yasien (pengacara), Muhammad Imam Aziz (staf khusus Wapres, PWNU Yogyakarta, PMII/Arena/LKPSM NU Yogyakarta), Prof DR H Rochmad Wahab (UNY/PWNU Yogyakarta), DR Eko Pamuji M.Kom (PWI Jatim/JMSI Pusat/GM Harian Duta Masyarakat).


"Alhamdulillah, tidak ada kata yang patut kami sampaikan, kecuali syukron (terima kasih). Membaca satu per satu goresan pena Sahabat Ayah, rasanya berat bagi kami untuk mengikuti jejaknya. Setelah kami membaca kisah para sahabatnya, betapa banyak yang harus kami kerjakan," kata salah seorang anak Cak Anam, Ahmad Nahidlul Umam, dalam sambutan buku itu bersama ibu dan keempat adiknya. (*/SCA)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update