Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Komen Followers Sangat Penting bagi Medsos Anda, Rajakomen Beri Solusinya

Monday, January 1, 2024 | 10:13 WIB Last Updated 2024-01-01T03:16:25Z


SEMUA orang saat ini beraktivitas dengan media sosial (Medsos). Bahkan, medsos menjadi salah satu sarana seseorang untuk meraih sukses mulai bidang bisnis, pendidikan, seni, budaya, bahkan politik. Dan hampir semua orang punya akun media sosial, baik di Youtube, Facebook, Instagram, Twitter atau X, What'sApp, Pinterest, Tiktok, dan lain-lain. Namun bukan perkara mudah untuk sukses di dunia media sosial. Banyak sekali ilmu yang harus dipelajari, mulai Search engine optimization (SEO), algoritma, niche, copy writing, dan lain sebagainya. Bahkan, komen (Komentar) di media sosial pun ada ilmu yang harus dipelajari oleh semua pengelola medsos termasuk yang sudah memiliki jumlah followers ribuan. 


Lalu apa pentingnya komentar di medsos seperti komen Instagram atau komen Tiktok? Komentar adalah interaksi antara pengelola medsos dengan followersnya. Interaksi penjual dan pembeli. Produsen atau seller, dan konsumen atau pelanggan. Interaksi ini bisa menentukan reputasi akun medsos sekaligus mengundang followers lain. 


Ya, ini adalah strategi pemasaran yang ada ilmunya. Sebab, sedikit atau banyaknya komentar pada postingan di akun medsos menjadi ukuran keberhasilan sebuah postingan dan akun tersebut. Bila postingan Anda di medsos tidak ada yang menanggapi dari followers, hal itu akan menjadi mimpi buruk. Karena itu pula, Anda harus bersyukur bila postingan tersebut mendapat komentar dari followers. Dan Anda wajib pula menanggapi komentar tersebut sebab bila tidak menanggapi komentar di media sosial dapat disamakan seperti mengabaikan orang yang sedang berbicara dengan Anda. 


Hal yang sama juga dirasakan oleh followers atau pelanggan Anda ketika mereka meninggalkan komentar di Twitter, Facebook, Instagram, atau platform media sosial lainnya. Apakah Anda merespons atau tidak, bagaimana Anda merespons, dan seberapa cepat Anda merespons, semuanya masuk ke dalam pengalaman pelanggan Anda dalam terlibat dengan bisnis Anda. Dan pastinya akan meninggalkan kesan tersendiri bagi pelanggan atau followers.


Jadi, untuk memastikan bahwa kesan yang dimiliki pelanggan dan followers Anda terhadap brand bisnis Anda adalah positif, inilah alasan mengapa menanggapi komentar media sosial sangat penting dan bagaimana memanfaatkan interaksi sosial Anda sebaik mungkin.


Mengapa Menanggapi Komentar Media Sosial Sangat Penting?


Pertama, Pelanggan Menuntut Interaksi Sosial yang Kuat.

Berdasarkan temuan dari survei tahun 2020 terhadap 1.000 konsumen oleh Sprout Social tentang bagaimana pelanggan menggunakan media sosial: 80 persen pelanggan melihat media sosial sebagai saluran yang membuat perusahaan lebih akuntabel. Hampir setengah dari responden mengaku pernah menggunakan media sosial untuk mengadu.


Apakah itu mengajukan refund, diskon, mencatat keluhan, atau meningkatkan kesadaran tentang suatu masalah, media sosial adalah saluran kedua yang paling disukai (setelah interaksi langsung) bagi pelanggan untuk memulai komunikasi. Bagi kaum milenial, media sosial menjadi channel yang paling disukai.


Lebih dari 60 persen pelanggan cenderung memikirkan kembali keputusan mereka untuk membeli merek yang telah menerima komentar negatif media sosial, 32 persen akan membagikan pengalaman negatif itu di akun media sosial mereka, dan 17 persen akan berhenti membeli merek itu sama sekali.


Mengetahui bahwa pelanggan menggunakan media sosial sebagai sumber utama mereka untuk terhubung dengan merek dan bisnis Anda, lebih penting dari sebelumnya untuk memastikan bahwa Anda memberikan pengalaman positif.


Kedua, Menanggapi Komentar Media Sosial Dapat Meningkatkan Reputasi Bisnis Anda.


Ya, media sosial telah mengembalikan kekuatan ke tangan pelanggan. Namun, itu tidak berarti bahwa publisitas negatif apa pun yang Anda terima melalui komentar media sosial harus tetap seperti itu. Anda memiliki kekuatan untuk mengubah negatif menjadi positif.


Ketika seorang pelanggan berinteraksi dengan Anda di media sosial, semua mata tertuju pada Anda. Seberapa bijaksana Anda menangani keluhan pelanggan dan seberapa cepat Anda merespons dapat mengubah komentar negatif menjadi umpan media sosial yang positif.


Jenis interaksi ini sebenarnya dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan setia dan bahkan menarik pelanggan baru. Dengan tidak menghindar dan mengendalikan situasi, Anda menunjukkan kepada pelanggan saat ini dan calon pelanggan bahwa Anda peduli.


Terlebih jika Anda mendapati komentar negatif di medsos. Umumnya ulasan negatif berupa keluhan, ketidakpuasan atau kekecewaan. Jangan sekalipun mengabaikan atau membiarkan atau bahkan menghapus komentar negatif, karena justru akan menurunkan reputasi dan menghilangkan kepercayaan pelanggan. Tanggapi dengan tenang, sampaikan permohonan maaf sebagai bentuk kepedualian Anda. Diskusikan tentang permasalahannya, dan berikan solusi. Anda tak perlu defensif dalam menanggapi komentar negatif.


Jika Anda dapat menanggapi komentar negatif dengan bijak dan tepat, pelanggan yang tadinya mungkin marah dan kecewa akan merasa dihargai, dan komentar negatif bisa berdampak positif terhadap bisnis Anda, asalkan Anda dapat menanggapinya dengan cara yang tepat.


Menghindar dan tidak menanggapi akan membuat orang menjelek-jelekkan merek Anda. Dan kata dapat menyebar dengan cepat. Bukan tidak mungkin orang lain akan meninggalkan bisnis Anda atau calon pelanggan memutuskan membeli di tempat lain atau pesaing Anda karena Anda gagal memahami dan menjawab keluhan pelanggan. Mereka akan menilai Anda tidak peduli dengan pelanggan.


Ketiga, selain menunjukkan bahwa Anda peduli, menanggapi komentar media sosial dengan cepat dan bermakna memberi tahu pembaca bahwa Anda bersedia meluangkan waktu untuk mendukung produk/layanan Anda. 


Ini seperti membangun kedekatan dengan pelanggan. Mereka akan senang jika Anda menanggapi komentarnya selama tanggapan yang Anda sampaikan tepat.


Keempat, dengan menanggapi komentar, pasti akan menyebabkan lebih banyak orang mengajukan pertanyaan karena mereka tahu mereka akan mendapat jawaban. 


Selain itu, menjawab semua pertanyaan itu akan menjadikan Anda sebagai ahli yang masuk ke dalam bisnis Anda, yang semuanya menjadi nilai jual untuk bisnis Anda. Ini juga menyebabkan lebih banyak orang mencari Anda untuk keahlian Anda.


Kelima, jika Anda atau bisnis Anda benar-benar dapat meluangkan waktu untuk menanggapi semua jenis komentar di media sosial bisnsi Anda, maka dapat dipastikan hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan bahkan dapat mendatangkan pelanggan baru. 


Itu karena bisnis Anda dinilai berhasil membangun kedekatan interaksi dengan pelanggan.


Keenam, harus diingat, menanggapi jenis komentar apa pun akan berdampak positif terhadap bisnis Anda jika dilakukan dengan tepat. 


Ketika Anda menanggapi komentar positif dengan menyampaikan ucapan terima kasih, atau ketika Anda menanggapi komentar negatif dengan menyampaikan permohonan maaf dan ucapan turut prihatin, maka secara tidak langsung akan menggiring pelanggan dan calon pelanggan untuk lebih mempercayakan kebutuhan mereka terhadap bisnis Anda.


Apakah Anda mengerti mengapa menanggapi komentar media sosial itu penting sekarang? Langkah pertama memang harus memahami dulu arti penting komentar di medsos. selanjutnya mempelajari ilmunya. Namun Anda tidak harus belajar secara detail, sebab sekarang semuanya bisa lebih mudah dengan adanya jasa komen Instagram atau jasa komen Tiktok untuk meningkatkan optimasi media sosial Anda, khususnya dengan komentar yang tepat.


Ya, RajaKomen memberi solusi berupa jasa komen Instagram dan jasa komen Tiktok serta medsos yang lain untuk menanggapi komentar dari para followers di medsos Anda. Rajakomen.com adalah perusahaan periklanan untuk membantu pengusaha online di Indonesia. Rajakomen.com telah mengeluarkan beberapa alat bantu untuk promosi produk/jasa dari pengusaha Indonesia yang ingin memperluas target market di dunia online. 


RajaKomen.com dipersembahkan untuk seluruh komentator Indonesia dan pemilik akun medsos yang ingin dikomentari positif oleh netizen yang ada di Indonesia. Media Sosial bisa dibantu menaikkan engagement rate-nya.


Dengan banyaknya komentar sebuah postingan, memungkinkan postingan tersebut menjadi viral. Kalau yang komentar menggunakan robot, pasti tidak akan viral, semetara layanan Rajakomen.com menggunaan real human, orang atau akun asli, sehingga memungkinkan postingan Anda jadi viral.


Dengan meningkatnya Engagament Rate (ER) di sebuah postingan media sosial, akan membuat akun anda menjadi lebih populer. Brand atau produk yang dipromosikan akan lebih mudah dicari karena memiliki ER yang tinggi. Ya, Engagement Rate (ER) adalah ratio antara orang-orang yang berinteraksi  (like, comment, share) dengan post kita di media sosial terhadap jumlah total orang yang melihat post tersebut. Semua itu butuh strategi marketing online di media sosial, tips menaikkan engagement rate dan sukses berjualan via media sosial, serta Sosial Media Marketing (SMM). Namun, semua itu bisa pula diatasi dengan jasa Rajakomen.com. Kunjungi lamannya di sini: https://rajakomen.com


Lalu berapa harga jasa komentar di Rajakomen.com? Untuk komentar Rp 2.000 per komentar, jasa like Rp 1.000, jasa share Rp 1.500 dan jasa posting Rp 2.500. Silakan kunjungi Rajakomen.com. Untuk info selengkapnya bisa disimak video tutorial di bawah ini: 



(*)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update