Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Trenggalek Rawan Pangan

Saturday, October 22, 2011 | 01:11 WIB Last Updated 2011-11-17T20:22:40Z
Menunggu Panen raya  jadi kenyataan.
TRENGGALEK - Kabupaten Trenggalek tahun ini kemungkinan besar rawan pangan. Pasalnya, lebih dari 1.600 lahan persawahan gagal panen. Data Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan(Diperhutbun) Kabupaten Trenggalek,  dari 1.600 hektar sawah yang gagal panen, 900 hektar diantaranya terserang hama wereng, sedangkan 700 hektar sisanya mengalami kekeringan.

Kondisi tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Joko Surono. Menurutnya, dari 1.600 hektar lahan persawahan yang mati tersebut sebagian besar berada di wilayah Kecamatan Trenggalek, Karangan, serta Kecamatan Durenan.

Dari tiga wilayah tersebut, kondisi terparah dari panen berada di wilayah Kecamatan Trenggalek. Luasnya mencapai sekitar 300 hektar lebih. Penyebab utamanya akibat serangan hama wereng yang terjadi sejak beberapa bulan lalu.

Walaupun seperti itu, lanjut Joko pemerintah dalam ini Pemkab Trenggalek menjamin ketersediaan pangan warganya selama musim kemarau kali ini. Alasannya, tahun ini hasil pertanian khususnya padi masih surplus.

Alasannya, jumlah pahan persawahan yang mati akibat hama wereng dan kekeringan, disampaikan Joko tidak lebih dari sepuluh persen lahan sawah di Kabupaten Trenggalek 25 ribu hektar tersebar diseluruh wilayah kecamatan.

Joko kepada wartawan memastikan masyarakat Kabupaten Trenggalek tidak perlu khawatir atas kondisi tersebut. Dipastikan ketersediaan pangan sampai musim kemarau tahun ini tercukupi.”Tidak usah khawatir. Pasokan pangan cukup. Kita masih surplus kok,” kilahnya. (zub)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update