Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

JK Lantik Pengurus DMI Jatim: Dukung Program Gubernur Khofifah Jatim Berkah hingga Tangkal Kaum Radikal Kuasai Masjid

Thursday, October 3, 2019 | 17:37 WIB Last Updated 2019-10-03T10:37:19Z

SURABAYA (DutaJatim.com) - Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla, selaku Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), melantik Ketua Dewan Masjid Provinsi Jatim, M. Roziqi, dan jajaran pengurus lain, di Islamic Center, Kota Surabaya, Kamis (3/10/2019). Usai acara pelantikan, M. Roziqi mengatakan, DMI siap  membantu program memakmurkan masjid yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertajuk Jatim Berkah.

DMI siap menyukseskan program Jatim Berkah, di mana  pada tahun 2019 ini memberikan uang kehormatan pada 11 imam masjid di pedesaan di Jawa Timur. "Insya Allah program ini akan berlanjut di tahun-tahun selanjutnya," kata Roziqi.

Tidak hanya itu, DMI Jawa Timur juga siap melaksanakan program DMI pusat untuk memperbaiki kualitas pengeras suara di masjid-masjid di Jawa Timur.

Hal itu sudah menjadi hasil muswil DMI selain beberapa program yang lain.

"Kita sudah mendapatkan sebanyak 19 kendaraan keliling untuk memperbaiki pengeras suara masjid. Dan kami akan melanjutkan program tersebut," kata Roziqi.

Dengan bantuan kendaraan tersebut, DMI Jawa Timur menyediakan teknisi untuk melakukan perbaikan titik masjid yang membutuhkan perbaikan.


Paham Radikal

M. Roziqi juga mengungkapkan, salah satu tugas berat yang menanti DMI Jawa Timur ke depan adalah mencegah tersebarnya paham Radikalisme.

"Kita memang harus bekerja keras, jangan sampai masjid kemasukan paham-paham radikal karena jika bisa masuk lewat masjid akan sangat mudah sekali menggaet remaja-remaja," ucap M Roziqi.

Untuk mencegah hal tersebut, M Roziqi mengaku bekerja sama dengan DMI kabupaten/kota beserta takmir masjid.

"Kita tunjukan bagaimana bahaya Radikalisme dengan menggandeng kepolisian terutama di desa-desa," ucapnya.

M Roziqi mengungkapkan, radikalisme saat ini sudah mulai masuk ke kampus.

"Dan ini akan kita coba untuk cegah jangan sampai masuk ke masjid," ucap dia.

"Salah satunya kita menyarankan agar ketika menugaskan khotib jangan sembarangan, jangan yang keras itu. Soalnya kita sering mendapatkan laporan," lanjutnya.

M Roziqi juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang menepati janji kampanyenya.

Khofifah Indar Parawansa akan memberikan uang penghargaan ke pengurus masjid melalui salah satu program nawa bakti satya yaitu Jatim Berkah.

"Tahun ini ada 11ribu imam masjid yang mendapatkan uang penghormatan, ini kita prioritaskan untuk imam yang ada di pedesaan dan terpencil serta jauh dari perkotaan," ucapnya.

Menurut dia, setiap imam masjid mendapatkan dua juta rupiah dalam satu tahun.

"Untuk tahap pertama sudah selesai 5000 untuk tahap November akan diselesaikan 6000 imam masjid," katanya. (nas/tbn)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update