-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jatim Hujan Lebat, Gubernur Khofifah: Dulur, Waspada Bencana dan Jaga Kesehatan!

Sabtu, 02 November 2019 | 17.34 WIB Last Updated 2019-11-02T10:34:39Z

SIDOARJO (DutaJatim.com) - Sejumlah wilayah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Malang, dan yang lain sudah mulai turun hujan. Sabtu 2 November 2019 sore ini Sidoarjo sebagian wilayah Kabupaten Sidoarjo hujan dan cuaca sangat sejuk. Berbeda dengan sehari sebelumnya cuaca cukup panas.

Terkait hal itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat waspada.

"Sejumlah wilayah di Jawa Timur terpantau mulai turun hujan. Dulur, tetap waspada potensi bencana hidrometeorologi dan jaga kondisi kesehatanmu menghadapi perubahan musim," kata Gubernur Khofifah dalam cuitannya di akun twitter @khofifahIP Sabtu hari ini.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat hingga angin kencang terjadi dalam rentang waktu 3 hari hingga Minggu 3 November besok. Hujan diprediksi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Dari keterangan tertulis yang disampaikan BMKG, untuk hari Sabtu (2/11) ini wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur. Sedangkan untuk Minggu (3/11) besok wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur.

Potensi turun hujan lebat menurut BMKG, terdapat intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) yang melintasi wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

"Di depan muka intrusi, kondisi massa udara akan menjadi lebih lembab dan mendukung potensi konveksi (pergerakan molekul-molekul pada cairan atau gas) kuat," kata BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga angin kencang untuk berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. (gas)

×
Berita Terbaru Update