-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pamekasan Raih Dua Emas Satu Perunggu di MTQ Ke- 28 Jatim

Minggu, 03 November 2019 | 12.47 WIB Last Updated 2019-11-03T05:47:47Z

Para juara itu: Dodi A. Febriansyah, Syainal Abidin, dan Moh. Sofyan Abdul Hamid.


PAMEKASAN (DutaJatim.com) - Kafilah Pamekasan berhasil meraih tiga medali dalam MTQ ke 28 Tingkat Propinsi Jatim yang digelar di Tuban. Tiga medali itu meliputi dua medali emas dan satu medali perunggu. 

Dalam MTQ yang digelar  mulai 25 Oktober hingga 2 Nopember kemarin itu, kafilah Pamekasan juga berhasil meraih 6 juara harapan. 

Medal emas diraih atas cabang lomba Hifdzil Qur’an 30 juz atas nama Dodi Andrian Febriyansah  dan  Tafsir Al Qur’an golongan bahasa Arab atas nama Syainal Abidin. Sedangkan medali perunggu diraih dalam cabang lomba hifdzil Qur’an 10 juz atas nama Moh Sofyan Abdul Hamid.


Yang menarik tiga peraih medali dari bumi Gerbang Salam tersebut berasal dari satu Pondok Pesantren yakni Pesantren Darul Ulum Banyu Anyar Barat Potoan Daja Kecamatan Palengaan. Pondok pesantren itu selama ini dikenal sebagai pemasok medali untuk Pamekasan tiap kali event MTQ baik tingkat Jatim, nasional maupun internasional. 


Sementara untuk juara harapan rinciannya adalah harapan 1 untuk cabang lomba tilawah putri,  harapan 1 hifdzil Quran 30 juz putri, harapan II sebanyak tiga orang dari cabang tilawah golongan remaja putri, tilawah putra 1 juz khittil Qur’an golongan naskah putri dan harapan III untuk cabang lomba musabaqah makalah ilmiah Qur’an putera.

Para peraih juara medali emas hingga perunggu dalam MTQ Jatim itu nanti akan dibina oleh tim propinsi Jatim selama dua bulan untuk disaring lagi guna menjadi duta Jatim dalam MTQ ke 28 tingkat nasional yang akan digelar awal tahun 2020 mendatang di Padang Sumatera Barat.

Dari tiap cabang lomba nanti yang akan jadi duta propinsi ke tingkat nasional  hanya satu orang. Karena itu para pemenang  dari medali emas perak hingga perunggu nanti dalam pembinaan juga masih harus bersaing ketat dengan lainnya, karena harus  diperas diambil satu orang yang akan dikirim  ke tingkat nasional. 


Bupati Pamekasan Badrut Tamam mengaku gembira dengan raihan medali kafilah Pamekasan dalam MTQ ke 28 Jatim di Tuban. Dia mengucapkan selamat dan berharap agar bisa berhasail meraih juara hingga tingkat nasional bahkan  internasional, sebagaimana pernah diraih oleh para seniornya yang telah mengharumkan Pamekasan.  

Sebagai penghargaan atas keberhasilan Pamekasan meraih berbagai medali dalam MTQ tahun ini,  Pamekasan dipastikan akan ditetapkan oleh Pemprop Jatim menjadi tuan rumah pada MTQ ke 29 tahun 2021 mendatang. Pamekasan dari berbagai aspek dinilai sangat pantas untuk menjadi tuan rumah.

“Ibu Gubenur sangat memberikan perhatian bagi Madura  khususnya Pamekasan. Dan kita dari Pamekasan kabarnya sudah dua kali meminta untuk mendapat kesempatan menjadi tuan rumah. Karena itu jika kepercayaan itu diberikan kepada kami, maka kami harus mempersiapkan, “ kata Moh. Salim seorang pembina kafilah tim MTQ Pamekasan. (mas)
×
Berita Terbaru Update