-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Unira Wisuda 572 Sarjana, Masuk Peringkat 27 Terbaik dari 329 PT di Jatim

Sabtu, 23 November 2019 | 17.43 WIB Last Updated 2019-11-23T12:15:22Z

Suasana Wisuda ke-31 Unira Pamekasan Sabtu 23 November 2019.


PAMEKASAN (DutaJatim.com) - Hasil pemeringkatan universitas yang dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah 7 Jawa Timur pada tahun 2019, menempatkan Universitas Madura (Unira) Pamekasan pada peringkat ke-27 dari 329 Perguruan Tinggi (PT) terbaik di Jawa Timur. Peringkat ini naik signifikan dibanding hasil pemeringkatan tahun 2018 yang menempatkan Unira dalam posisi urutan ke-44.  Unira Wisuda 572 Sarjana, Masuk Peringkat 27 Terbaik dari 329 PT di Jatim. 

Rektor Unira Pamekasan, Dr Ir Risqina MP, saat menyampaikan pidato pada Sidang Terbuka Senat Universitas Madura dalam rangka Wisuda Sarjana ke-31 Universitas Madura Pamekasan, di Gedung Islamic Center Pamekasan, Sabtu (23/11/19), mengungkapkan, kemajuan hasil pemeringkatan itu diperoleh setelah universitas yang dipimpinnya melakukan berbagai kebijakan yang dilakukan secara terencana. 

Banyak kebijakan yang dilakukannya, antara lain perbaikan piranti pembelajaran, hingga konsistensi bagi dosen untuk memenuhi dan menempuh pendidikan doctor. Lalu melakukan kerja partnership baik skala  nasional dan internasional melalui kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di ASEAN.

Hingga kini Unira telah melakukan 62 perjanjian kerjasama sebagai wahana dosen dan mahasiswa mengembangkan diri.“Pada tahun 2019 ini terdapat 50 proposal penelitian dan 29 pengabdian masyarakat serta 30 program kreatifitas mahasiswa  (PKM). Pengembangan prestasi dan kesejahteraan mahasiswa dilakukan dengan memperluas akses keterlibatan mahasiswa dalam berbagai ajang kompetisi. Terdapat 28 kompetisi yang kejuaraannya mampu direbut,  12 di antaranya diraih dalam event kompetisi berskala nasional,” ungkapnya.


Unira Wisuda 572 Mahasiswa, Masuk Peringkat 27 Terbaik dari 329 PT di Jatim

Di bidang kesejahteraan mahasiswa, kata Risqina,  berbagai program dilakukan Unira untuk membuka fasilitas akses pembiayaan studi mahasiswa. Usaha mendapatkan beasiswa baik dari swasta, mitra kerja atau pemerintah daerah dan pusat, juga dilaksanakan. Pada tahun 2019 ini ada peningkatan alokasi  beasiswa dari pemerintah pusat yang disalurkan lewat LLDIKTI.

"Beasiswa peningkatan prestasi akademik sebanyak 105 mahasiswa, bidik misi sebanyak 214 orang. Alokasi ini sudah  tentu merupakan fasilitas penting bagi masyarakat yang memiliki prestasi akademik dan nonakademik namun tidak punya biya untuk melanjutkan studi,” terangnya.

Dia yakin bahwa setelah segala kebijakan pengembangan yang dilakukan memberikan hasil positif, maka Unira Pamekasan masih terus perlu dikembangkan, sehingga nilai dan manfaat kontribusinya dalam pengembangan sumberdaya manusia lebih siginifikan di masa yang akan datang. 

Jumlah wisudawan pada wisuda Unira ke-31 kali ini sebanyak 572 sarjana.  Dengan rincian Fakultas Hukum 64 wisudawan, Fakultas Ekonomi 171 wisudawan, Fakultas Ilmu Administrasi 182 wisudawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 75 wisudawan, Fakultas Pertanian 36 wisudawan dan Fakultas Teknik 44 wisudawan. (mas)
×
Berita Terbaru Update