-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Viral Video Jangan Ragu Tegur Orang Merokok Sambil Naik Motor

Minggu, 03 November 2019 | 14.10 WIB Last Updated 2019-11-03T07:10:53Z

SURABAYA (DutaJatim.com) - Sebuah video  viral dan jadi polemik di media sosial karena memperlihatkan seseorang tengah menegur pengendara motor yang tengah merokok. Video ini diunggah di akun twitter @giewahyudi yang diberi keterangan jangan ragu menegur pemotor yang merokok, kalau ngeyel ajak gelut aja.

Saat dilihat Minggu 3 November 2019 siang ini video tersebut sudah ditonton 46 ribu orang yang juga mendiskusikannya di media sosial.  Meski terkesan mengajak berkelahi, orang yang menegur perokok itu melakukannya dengan santun.

Jalanan memang ruang publik yang menjadi milik semua orang. Karena itu tidak semua orang boleh seenaknya melakukan kegiatan di jalan. Mulai soal kecepatan berkendara sendiri, maupun caranya melajukan motor.

Ngebut berkendaraan jelas melanggar aturan berlalu lintas. Sedangkan cara berkendaraan yang dilarang antara lain tanpa memakai helm, ngobrol antara pemotor satu dengan yang lain saat mengendari motor, sehingga posisinya berjajar, bahkan kadang banyak pengendara  motor  ngobrol di jalan seperti orang sedang cangkrukan, rapat,  atau diskusi di atas motor yang berjalan. Sama dengan ini adalah merokok di atas motor yang berjalan atau mengendarai motor sambil memakai HP. 

Khusus merokok di jalan, selain membahayakan pengendaranya sendiri dan orang lain terkait lalu lintas juga menjadi biang polusi udara di mana pengendara lain bisa menjadi perokok pasif. Itulah pesan dalam video tersebut.

Namun demikian cara menegurnya harus dengan perlakuan yang baik. Niat baik, tujuan baik, harus dilakukan dengan cara yang baik pula. Jangan dengan kekerasan baik verbal apalagi fisik. (gas)

×
Berita Terbaru Update