Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Malam Tahun Baru Surabaya dan Sekitarnya: Awas Hujan Disertai Petir, Ini Lokasi Favorit Warga

Tuesday, December 31, 2019 | 16:08 WIB Last Updated 2019-12-31T11:15:09Z

SURABAYA (DutaJatim.com) -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo  memprediksi perayaan malam tahun baru 2020 di sejumlah wilayah Jawa Timur akan diguyur hujan. Termasuk Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. 

Karena itu masyarakat diminta berhati-hati saat merayakan tahun baru, khususnya saat berkendara seperti melakukan konvoi dan sejenisnya. Beraktivitas di jalanan saat hujan berbahaya apalagi bila hujan disertai petir.

"Hasil pengamatan radar kami, Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik kami prediksi hujan nanti malam nanti," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda, Teguh Tri Susanto, Selasa (31/12/2019).

Teguh mengatakan selain berpotensi hujan, malam pergantian tahun juga akan disertai petir. Karena itu, dia mengimbau kepada warga yang ingin merayakan agar tetap waspada.


"Mungkin akan disertai petir dan dengan kecepatan angin sekitar 20 km per jam," katanya.

Di tempat terpisah Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan, selama perayaan tahun baru, pihaknya telah mempersiapkan sekitar 25 posko dan pospam. Posko-posko tersebut disebar di sejumlah titik strategis di Kota Pahlawan.

Selain itu, pihaknya mempersiapkan tujuh titik lokasi jalan yang akan dibuka dan ditutup. Hal itu untuk mengantisipasi arus lalu lintas jika terjadi kepadatan kendaraan.

"Posko dan pospam ada 25 yang ada di titik-titik strategis dan kami juga sudah menyiapkan 7 titik apabila terjadi kepadatan lalu lintas di Kota Surabaya," kata Kapolrestabes.

Ditanya apakah ada acara car free night pada malam tahun baru, Kapolrestabes mengaku sampai saat ini belum ada izin masuk terkait kegiatan itu. Meski begitu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya jika nantinya akan digelar acara tersebut.

"Sampai saat ini belum ada izin car free night dan kami sudah koordinasi dengan Pemkot untuk menimbang kembali car free night. Namun, jika harus ada, kami akan menyarankan seperti apa. Untuk panggung juga sampai saat ini belum ada," katanya.

Lokasi Favorit

Sementara itu, tempat-tempat yang biasanya diserbu pengunjung saat malam tahun baru adalah:


1.  Pelabuhan Tanjung Perak

Seperti tahun-tahun lalu banyak masyarakat menunggu acara pergantian tahun di atas kapal atau di kawasan sekitar pelabuhan ini. Pemandangan laut di sini sangat indah. Apalagi ada pesta kembang api.

2. Taman Bungkul

Saat malam tahun baru di sini sering ada acara Car Free Night di Jalan Raya Darmo termasuk di Taman Bungkul. Namun, dua tahun terakhir hingga tahun 2018 acara serupa tidak diadakan.

Walau demikian, masyarakat dari seluruh penjuru kota Surabaya masih menjadikan Taman Bungkul sebagai tempat favorit menghabiskan malam tahun baru dan melihat pesta kembang api sambil berkuliner ria murah meriah.

3. Tugu Pahlawan

Monumen Tugu Pahlawan tempat paling diminati masyarakat untuk mengisi acara malam tahun baru. Biasanya digelar acara. Termasuk pesta kembang api. Banyak pedagang dadakan buka lapak di sini.

4. Monumen Kapal Selam

Area di sekitaran Monumen Kapal Selam dan Skate Park jadi kawasan paling padat saat malam tahun baru, karena letaknya di pusat kota. Tak jarang masyarakat Surabaya memilih menghabiskan waktu di tempat ini.

Mereka sambil berbelanja di Plaza Surabaya yang berada tepat di samping Monumen Kapal Selam. Menunggu pesta kembang api dimulai menjadi hal yang seru di lokasi pinggir Kalimas tersebut.

5. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu juga jadi kawasan favorit pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota Surabaya. Hamparan laut, estetika jembatan yang indah, dan kembang api beragam warna adalah paket komplet yang bisa kamu dapat waktu tahun baru di sini.

6. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran sudah terkenal sejak lama sebagai tempat bersantai di tepi pantai. Apalagi di malam tahun baru yang semarak dengan terompet dan pesta kembang api.

7. Air Mancur

Saat ini di Kenjeran ada  air mancur berwarna-warni yang bergerak dengan pola tertentu. Wajar saja kalau tempat ini jadi salah satu pilihan favorit menghabiskan akhir tahun. Dikenal juga dengan nama Jembatan Suroboyo.

8. Mlaku-mlaku Nang Tunjungan

Jalan Tunjungan Surabaya terkenal dengan kesan kenangan zaman dulu. Kini, kawasan tersebut semakin indah dengan tambahan ornamen dan lampu warna-warni di sepanjang jalan. Saat malam akhir tahun, langit di Jalan Tunjungan akan dipenuhi ratusan letusan kembang api yang bikin pergantian tahun makin semarak.

 (wis/det/idnt)

Foto: Air Mancur menari di Kenjeran (braito.co.id)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update