Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menteri Kebudayaan Republik Tatarstan Undang Sutradara “Lima” ke Festival Film Muslim

Sunday, January 26, 2020 | 20:27 WIB Last Updated 2020-01-26T13:27:02Z


KAZAN (DutaJatim.com) - Menteri Kebudayaan Republik Tatarstan, Federasi Rusia, Irada Ayupova, secara khusus mengundang Lola Amaria, sutradara film “Lima”, untuk berpartisipasi dalam the 16th Kazan International Muslim Film Festival di Kazan, Republik Tatarstan, pada bulan September 2020 mendatang. 

Hal tersebut disampaikan Irada Ayupova dalam pertemuan dengan Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Azis Nurwahyudi bersama Lola Amaria dan pemeran film “Lima”, Baskara Mahendra, di Kazan pada Sabtu (25/1/2020).

Menurut Irada Ayupova, Festival tersebut bukan hanya untuk memperlihatkan beragam film tentang agama, tetapi juga untuk mengedepankan nilai-nilai tradisi masyarakat, seperti kemanusiaan, empati, pengabdian terhadap tanah air dan keluarga, serta rasa hormat kepada yang lebih tua, dan bantuan untuk anak-anak. Festival tahunan ini diikuti lebih dari 500 film dari 50 negara di dunia. 

“Kami mengundang sutradara Lola Amaria untuk ikut serta pada Kazan International Muslim Film Festival,” kata Irada Ayupova.

Undangan tersebut langsung disambut positif oleh Lola Amaria dan didukung oleh KBRI Moskow. Azis Nurwahyudi mengatakan bahwa Lola Amaria akan segera mempersiapkan partisipasinya dan mengikutsertakan film dokumenter berjudul "Pesantren" (A Boarding School) sutradara Shalahuddin Siregar pada festival tersebut.

Kehadiran Lola Amaria dan Baskara Mahendra di Kazan untuk pemutaran film Indonesia “Lima” di Cinema “Mir” pada 25 Januari 2020. Film “Lima” mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat dengan penuh antusias menyaksikan film tersebut. Cinema “Mir” yang memiliki kapasitas 200 tempat duduk tidak dapat manampung pengunjung yang ingin menyaksikan film “Lima”. Pihak bioskop telah menyediakan kursi tambahan dan terdapat penonton yang rela menonton sambil berdiri. 

Pemutaran film terselenggara atas kerja sama KBRI Moskow dengan Lola Amaria Production serta didukung oleh Kementerian Kebudayaan Republik Tatarstan, Kazan State Institute of Culture (KazGIK), Cinema “Mir”, serta pihak terkait lainnya di Tatarstan. 


Selain untuk memperkenalkan Indonesia, pemutaran film dilakukan dalam rangka memeriahkan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia tahun 2020.      

Keberadaan Lola Amaria di Kazan juga untuk menjajaki kerja sama di bidang perfilman dengan pihak setempat, seperti KazGIK.

Dalam kesempatan terpisah, Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, mengatakan bahwa potensi kerja sama Indonesia dengan Tatarstan sangat besar, tidak hanya di bidang budaya, tetapi juga ekonomi dan perdagangan. 

Menurut Dubes Wahid, sebagai bagian dari upaya pengembangan kerja sama dengan Tatarstan dalam peningkatan hubungan Indonesia-Rusia, Indonesia akan ikut serta pada the 12th International Economic Summit, “Russia-Islamic World: KazanSummit 2020” pada 18-20 Juni 2020 di Kazan.

Republik Tatarstan adalah salah satu negara bagian Federasi Rusia yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan baru-baru ini meraih predikat sebagai negara bagian yang paling layak huni (most liveable). Terdapat 83 mahasiswa Indonesia yang menuntut berbagai ilmu di Kazan, ibukota Republik Tatarstan. (Gatot Susanto)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update