Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tiga Tokoh Pemuda Ethiopia Kagumi Indonesia yang Semakin Maju

Sunday, February 9, 2020 | 06:20 WIB Last Updated 2020-02-08T23:22:15Z


ADDIS ABABA (DutaJatim.com) -  Indonesia adalah negara sahabat yang sangat penting bagi Ethiopia. Banyak potensi Indonesia yang belum dimanfaatkan dengan baik untuk memajukan kerjasama Ethiopia dan Indonesia.

Misalnya  di bidang ekonomi dan demokrasi Indonesia sangat maju. Pemuda Ethiopia perlu mengenal Indonesia lebih baik dan diharapkan semakin banyak lagi pemuda Ethiopia berkunjung dan melihat langsung kemajuan Indonesia.  


Hal itu dikatakan oleh tiga tokoh pemuda Ethiopia, dalam acara “Listen to the Voice of the Youth” yang diselenggarakan Kedutaan Besar RI di Addis Ababa, Ethiopia, Sabtu sore (8/2/2020). Pemuda yang sedang menekuni pendidikan Master di beberapa perguruan tinggi di Addis Ababa tersebut adalah Meron Anteneh Getachew, Rediet Getahun Teffera, dan Yafed Girum Tesfaye.  

Ketiga tokoh pemuda itu pernah ke Indonesia dalam rangka menghadiri Bali Democracy Students Conference (BDSC) yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri RI di Bali, 4-6 Desember 2019. 


“Kami mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga di Indonesia ketika menghadiri BDSC. Karena itu kami merasa perlu berbagi dengan rekan-rekan tokoh pemuda Ethiopia lainnya agar mereka tahu tentang Indonesia, perkembangan terkini dan pentingnya demokrasi bagi suatu bangsa,” kata Meron kepada Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika. 


Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, di antara para pemuda Ethiopia.

Acara yang dihadiri sekitar 100 pimpinan organisasi dan tokoh pemuda itu, dibuka oleh Duta Besar Al Busyra Basnur. Dalam sambutannya, Duta Besar Al Busyra Basnur antara lain mengimbau agar pemuda terus meningkatkan peran dalam memajukan hubungan antar bangsa, khususnya Ethiopia dan Indonesia.  


“KBRI Addis Ababa menyelenggarakan acara tersebut secara rutin dalam rangka mendengarkan berbagai pandangan, pendapat, saran dan suara pemuda dalam rangka meningkatkan hubungan, persahabatan dan kerjasama bilateral Indonesia – Ethiopia,” kata Duta Besar Al Busyra Basnur. 

Hubungan dan kerjasama Indonesia-Ethiopia di bidang pemuda dalam satu tahun terakhir berkembang sangat baik. Tahun lalu, pemerintah Indonesia mengundang sejumlah pemuda Ethiopia ke Indonesia, diantaranya mengikuti Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID), Beasiswa Darmasiswa, Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang dan Bali Democracy Student Conference. 

Sementara tahun 2020, sejumlah pemuda Ethiopia direncanakan akan mengikuti berbagai program di Indonesia, diantaranya Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI), Beasiswa Darmasiswa, Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang, Pertukaran Pemuda Indonesia-Ethiopia, dan sejumlah beasiswa S-2 dan S-3 yang diberikan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. (Gatot Susanto)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update