RajaBackLink.com

PROMOSI PRODUK




Hosting Unlimited Indonesia

Tradisikan Cuci Tangan Cegah Corona, Pemkot Surabaya Pasang 39 Wastafel Portabel di Fasum

On Friday, March 06, 2020



SURABAYA (DutaJatim.com) - Pemerintah Kota Surabaya memasang wastafel portabel di sejumlah fasilitas umum (fasum) guna memudahkan warga mencuci tangan. Hal ini dilakukan dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus corona baru alias  COVID-19.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kota Surabaya, Iman Krestian, saat ditemui di Surabaya, Jumat 6 Maret 2020, mengatakan, 39 wastafel portabel sudah dipasang di 19 titik fasilitas umum.

"Lokasi itu di antaranya perkantoran, Mal Pelayanan Publik Siola, sekolah, masjid, pasar burung, kolam renang di Jambangan, dan beberapa fasilitas umum lainnya," kata Iman.


Iman menjelaskan, penyediaan wastafel portabel di fasilitas umum dilakukan berdasarkan kebutuhan warga.

"Di beberapa sekolah sudah ada wastafel di depan kelas masing-masing supaya mereka menggunakannya tidak antre panjang," katanya.

Pemerintah Kota, kata ia menjelaskan, selanjutnya akan memasang wastafel portabel di tempat-tempat strategis untuk memudahkan warga yang ingin mencuci tangan.

"Proses pengerjaannya cepat karena portabel. Hanya memasang selang dan pipa saja kemudian diarahkan ke saluran air terdekat," kata dia, menambahkan, dalam sehari petugas bisa memasang sampai 10 wastafel portabel.

Ia berharap pengelola bangunan, perkantoran, pusat belanja, dan fasilitas umum lain bisa mengikuti langkah pemerintah menyediakan sarana untuk mencuci tangan bagi warga.

"Diharapkan ada inisiatif dari pengelola bangunan untuk mengadakan sendiri fasilitas ini. Jadi biar sama-sama berupaya menjaga," katanya.


Iman menekankan pentingnya membangun kesadaran warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk mencuci tangan, untuk mencegah penularan virus corona.

"Kepedulian dan kemandirian masyarakat yang akan sangat membantu upaya pencegahan dan penanganan musibah mewabahnya virus corona. Percuma disediakan wastafel kalau tidak digunakan secara semestinya," katanya.

Dia juga berpesan kepada warga agar memanfaatkan dan menjaga wastafel portabel yang disediakan oleh pemerintah dengan baik.

"Jadi kita bisa memanfaatkan wastafel ini sebaik mungkin. Semua untuk kebaikan warga Surabaya," katanya. (gas)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »