-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Belajar dari Rumah, Siswa SMP SAIM Surabaya Bikin Disinfektan

Kamis, 09 April 2020 | 11.45 WIB Last Updated 2020-04-09T04:45:21Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Talk less do more. Ini semangat yang dibangun SMP SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya untuk para siswa selama mereka belajar di rumah.  Dalam situasi menghadapi pandemik COVID-19, menjaga kebersihan adalah salah satu cara melawan virus. Para siswa kembali diberi challenge. 


Kali ini berupa project "making disinfectan." Disinfektan merupakan senyawa kimia yang bersifat toxic atau racun dan memiliki kemampuan membununh mikroorganisme. Tak terkecuali virus.  

Masih memanfaatkan google classroom, ustad ustadzah memandu para siswa meracik cairan disinfektan yang aman. Bahan yang dibutuhkan adalah sprayer/penyemprot, 1 liter air, wadah untuk tempat pencampuran, pengaduk, dan cairan pemutih. 

Tidak membutuhkan waktu lama, cairan disinfektan yang dibuat siswa telah jadi. Selanjutnya mereka diharuskan memanfaatkan cairan buatnnya  untuk membersihkan rumah. Mereka diminta  menyemprotkan disinfektan ke beberapa bagian rumah yang sering terpegang oleh tangan atau berpeluang sebagai tempat bersinggahnya bakteri dan virus. Misalnya pegangan pintu, permukaan meja, kursi, dan karpet. 

Semua kegiatan yang dilakukan siswa wajib didokumentasikan dalam bentuk poster dan video atau foto. Selanjutnya mereka unggah ke google class room dan instagram. Lagi-lagi instagram dipilih sebagai media untuk mengunggah kegiatan, sekaligus mengajarkan siswa untuk berkampanye.

Wah seru sekali ya kegiatan belajar di rumah siswa SMP SAIM. Apalagi ya kegiatan selanjutnya? Ikuti terus beritanya.

SAIM a way to the real life. (Ustadzah ulfa)
×
Berita Terbaru Update