-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

IKIP Budi Utomo Malang Serba Digital, Termasuk Pendaftaran Maba Online

Friday, April 10, 2020 | 7:56 PM WIB Last Updated 2020-04-10T12:56:21Z

MALANG  (DutaJatim.com) -  Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang Jawa Timur  sudah melakukan digitalisasi di semua bidang. Termasuk proses penerimaan mahasiswa baru (PMB). 

Untuk PMB  tahun akademik 2020/2021 bisa dilakukan dari rumah oleh masing-masing pendaftar. Hal ini dalam rangka menghadapi wabah COVID-19 sekaligus mempermudah proses pendaftaran mahasiswa baru (maba) lebih cepat, aman, dan nyaman.


Untuk itu para pendaftar bisa mengunjungi alamat website www.maba.budiutomomalang.ac.id. Selanjutnya calon mahasiswa baru (camaba) cukup mengisi nama, kontak dan jurusan yang dipilih.

Rektor IKIP Budi Utomo Malang, Dr Nurcholis Sunuyeko, saat ditemui di kantornya Jumat 10 Maret 2020, mengatakan, setelah berhasil submit data, sistem yang akan bekerja. 


"Camaba tidak direpotkan dengan isian formulir yang ribet sebagaimana jamak dijumpai pada formulir di perguruan tinggi pada umumnya," katanya.


Dia menerangkan data yang sudah masuk akan diproses, yakni dengan cara dihubungi. Camaba akan dihubungi oleh panitia untuk kelengkapan berkas, seperti ijazah/SKL dari SMA/sederajat dan selanjutnya dilakukan wawancara.

Wawancara dilaksanakan secara daring (online). Setelah dinyatakan layak, camaba akan melakukan transfer pembayaran ke bank yang sudah bekerja sama dengan IKIP Budi Utomo Malang. Setelah itu, semua berkas dipindai (scan) dan diunggah ke sistem untuk dilakukan validasi dan penerbitan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM).


"Sebenarnya IKIP Budi Utomo Malang, jauh sebelum pandemi COVID-19 sudah melakukan proses digitalisasi pada semua sistem, baik sistem pembelajaran maupun sistem penerimaan mahasiswa baru," tuturnya.

Saat ini calon mahasiswa baru tidak lagi harus datang ke kampus untuk mengisi formulir manual, tapi cukup mendaftar dan memproses dari rumah.

Namun demikian, walaupun semua sistem di IKIP Budi Utomo (IBU) serba berbasis digital, nafasnya tetap selalu bertumpu pada nilai bagaimana mewujudkan manusia (camaba) seutuhnya.


"Semua memang sudah berbasis digital, namun kami tetap berupaya menjadikan mahasiswa sebagai layaknya individu yang utuh," ucapnya.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru IKIP BU Malang Yulianto Dwi Saputro mengaku sesuai arahan rektor, pihaknya memproses PMB di IBU dengan prinsip kenyamanan, kecepatan dan layanan prima. Semua proses pendaftaran sampai dinyatakan diterima dapat dilakukan dari rumah.

"Layanan yang kami terapkan adalah full service. Sampai saat ini pendaftar di IBU Malang sebagai camaba sudah mendekati angka 1.000. Kami mengajak masyarakat yang ingin kuliah di IKIP Budi Utomo Malang segera melakukan pendaftaran sebelum kuota terpenuhi," tuturnya. (gas)

×
Berita Terbaru Update