-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kodim 0812 Gelar Simulasi Penanganan Jenazah COVID-19, Siap Diterjunkan Jika Terjadi Pasien Meninggal Skala Besar

Rabu, 13 Mei 2020 | 12.44 WIB Last Updated 2020-05-13T05:44:42Z


LAMONGAN (DutaJatim.com) - Jajaran TNI di Makodim 0812 Lamongan menggelar simulasi bersama dalam rangka penanganan jenazah COVID-19 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Makodim 0812 Lamongan Rabu (13/5/2020) hari ini. 

Dalam latihan penanganan jenazah COVID-19 ini, para prajurit mengenakan APD seperti sepatu boat, masker N-95,  hingga disinfektan clorin. "Selain itu juga plastik, kantong jenazah, peti jenazah, kapas dan plaster kedap air," ujar Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han.


Dikatakan oleh Dandim 0812, sekarang sudah ada Tim Gugus Tugas yang dibentuk Kabupaten Lamongan dengan melibatkan dinas-dinas terkait, khususnya Puskesmas untuk membantu mempermudah dalam penanganan COVID-19.


 “Dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa membantu pihak rumah sakit jika pasien meninggal dalam skala besar maka latihan simulasi ini sangat berguna sekali,” katanya.

Latihan ini juga sebagai tindaklanjut untuk membantu pemerintah kabupaten Lamongan dalam pengurusan jenazah COVID-19. 


"Kami memang menyadari keterbatasan tenaga medis dan tenaga pemulasaran pemakaman, maka kami siapkan personel dari anggota kami. Ketika dibutuhkan mereka sudah siap," ujarnya.

Letkol Sidik juga berharap, tenaga cadangan ini tak sampai dikerahkan, artinya tak ada lagi korban akibat virus COVID-19 di Kabupaten Lamongan. 

"Namun bila dibutuhkan maka personel kami sudah siap diterjunkan karena telah mendapatkan pemahaman mekanisme penanganan COVID-19," ungkapnya. (ful)

×
Berita Terbaru Update