Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Renungan Singkat dari Juz 18

Selasa, 12 Mei 2020 | 04.55 WIB Last Updated 2020-05-11T21:55:51Z




Oleh Imam Shamsi Ali


ADA sebuah pernyataan yang saya coba amati di beberapa ayat Al-Quran. Yaitu tentang hampir di setiap akhir dari cerita nabi-nabi yang umatnya dihancurkan karena penentangan kepada para nabi. 

Pernyataan itu adalah: 

ثم انشانامن بعدهم قرنا اخرين 


Yang kira-kira berarti: Kemudian Kami (Allah) menciptakan setelah mereka "qarnan" (sekelompok orang) lain".

Setelah membaca dan mencoba merenungkan kata "Qarn", yang umumnya diterjemahkan dengan "century" atau rentang/kurun masa/waktu, saya tiba-tiba saja teringat kata ini: Corona. 

Adakah ini "coincident" (kejadian) begitu saja? Dua kata yang agak mirip? 

Saya lalu teringat, jangan-jangan Corona ini menjadi sebuah indikasi jika Allah memang berkehendak untuk menciptakan "manusia-manusia lain" (Qarnan akharin)? Allahu a'lam. 

Tapi saya yakin Allah pasti punya rencana dengan peristiwa ini. Minimal manusia-manusia lain itu adalah sebuah harapan agar Corona bisa menjadi pelajaran dan pendorong bagi manusia untuk memiliki "mindset, visi, dan karakter" yang baru (lebih baik) pasca Corona atau Covid-19.


Jika manusia mampu melakukan perubahan itu, maka mereka akan menjadi "Qaran akhariin" (manusia-manusia lain). 

Tapi semua itu kembali kepada manusia sendiri. Maukah mereka menjadi manusia baru dengan visi, mindset, dan perilaku baru? 

Atau mereka tetap ingin menjadi manusia masa lalu? Semoga tidak sekeras kepala, menentang peringatan Allah yang saat ini menggoncang dunia. 

Penjelasan saya ada di akhir pengenalan Juz 18, khususnya di Surah Al-Mukminuun ayat 31 dan 42. Semoga manfaat!  (*)



×
Berita Terbaru Update