Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Diserang Bule, Mahasiswa Indonesia di AS Lumpuhkan Lawan

Senin, 08 Juni 2020 | 11.34 WIB Last Updated 2020-06-08T04:34:26Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Akun Twitter Communication Corner @henrysubiakto mengunggah video menarik. Seperti dilihat Senin 8 Juni 2020 siang ini, video itu memperlihatkan dua pria tengah berkelahi di tempat terbuka. Bahkan di tengah jalan.

Saat itu mereka berkelahi tepat di depan mobil yang tengah berhenti di jalan. Yang menarik video itu diberi caption begini: 


"Mahasiswa Indonesia di AS ini diserang mahasiswa kulit putih. Si Bule tidak menyangka kalau anak Indonesia itu sejak SMA sudah terbiasa tawuran."









Tidak diketahui kapan dan di mana video itu diambil. Hanya disebutkan mereka mahasiswa asal Indonesia dan bule dari negeri setempat. Mahasiswa Indonesia yang awalnya didesak mundur akhirnya berhasil memukul hingga ambruk si bule. Yang menarik, mahasiswa Indonesia tidak meninggalkan si bule yang terjatuh, tapi berusaha menolongnya.

Video berdurasi sekitar 44 detik ini mendapat perhatian warganet di tengah isu rasisme yang mewabah di Amerika Serikat (AS). Isu rasialisme memuncak dengan amarah jutaan warga setelah kasus kematian George Floyd yang diduga dianiaya polisi setempat. 

George Floyd diketahui tewas setelah lehernya ditindih oleh Derek Chauvin, polisi yang menanggapi laporan bahwa korban memberi barang dengan uang palsu.

Amarah warga memicu aksi anarkis dengan merusak fasilitas umum dan membakar sejumlah bangunan. Hampir semua negara bagian diwarnai aksi demonstrasi mengutuk kekerasan terhadap George Floyd yang berkulit hitam tersebut.

Lalu apakah warga negara Indonesia juga jadi korban rasisme? Mahasiswa dalam video itu bisa jadi salah satu korban saja. Yang jelas orang Asia akhir-akhir ini sering jadi sasaran kemarahan orang kulit putih khususnya terkait wabah corona di mana negeri paman saat ini menjadi negara paling parah jadi korban Covid-19. Orang Asia dicap sebagai sumber wabah Corona yang semula berasal dari Wuhan China itu. (nas)

×
Berita Terbaru Update