-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gerhana Matahari Cincin, Ini Cara Aman Melihatnya

Minggu, 21 Juni 2020 | 10.02 WIB Last Updated 2020-06-21T03:09:46Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Warga Jatim termasuk beruntung bisa menikmati gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada Minggu 21 Juni 2020 hari ini. Secara keseluruhan di Indonesia ada 31 Provinsi yang warganya bisa melihat gerhana matahari ini.

BMKG Juanda pun membagikan beberapa cara untuk melihat gerhana matahari cincin yang aman.

"Gunakan kacamata gerhana dengan filter matahari khusus agar tidak merusak mata," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto saat dihubungi Minggu (21/6/2020).


Cara kedua dengan membuat proyeksi lubang jarum. Mata tidak perlu melihat ke arah gerhana matahari cincin secara langsung, tapi hanya dari bayangan.

"Untuk pengamatan gerhana secara nggak langsung yaitu hanya dengan mengamati bayangannya," ujarnya.

Ketiga, menggunakan plastik film sebagai pengganti filter matahari. Tapi pastikan dulu plastik film sudah dicuci di studio foto.

"Jangan sampai ada goresan (plastik film yang sudah dicuci). Gabungkan plastik film hingga lima tumpukan agar benar-benar gelap," katanya.

Sedang cara tidak aman, pertama, adalah melihat ke arah matahari tampa bantuan pelindung seperti filter matahari.

Kedua, melihat melalui pantulan cahaya matahari dari air dalam baskom. Ketiga, melihat menggunakan kacamata hitam biasa, kacamata baca atau kacamata 3D.

Gerhana matahari cincin akan terjadi pada Minggu (21/6/2020). Sementara di Indonesia ikut kebagian gerhana matahari cincin, namun hanya berupa gerhana matahari sebagian saja.

Gerhana matahari sebagian melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi. Sedangkan di Jawa Timur, hampir seluruh wilayah bisa mengamati fenomena ini. Namun, ada 7 wilayah yang dipastikan tidak akan disinggahi gerhana matahari. (det/nas)

×
Berita Terbaru Update