-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Masjid di Arab Saudi Besok Salat Jumat dengan Protokol Kesehatan

Kamis, 04 Juni 2020 | 21.28 WIB Last Updated 2020-06-04T14:28:37Z
Masjid di Arab Saudi mulai besok menggelar Salat Jumat.

JEDDAH (DutaJatim.com)  -  Arab Saudi juga mulai memasuki masa new normal. Setelah kebijakan membuka masjid untuk salat berjamaah, kini untuk pertama kalinya masjid di Arab Saudi menggelar Salat Jumat besok.

Bahkan Provinsi Al Qassim menyiapkan sebanyak 205 masjid untuk melaksanakan salat Jumat besok (5/6/2020). Hal ini sesuai dengan keputusan Pemerintah Arab Saudi yang memutuskan membuka kembali masjid usai lockdown yang dilakukan pada 31 Mei 2020 lalu.

Kantor berita Arab News memberitakan bahwa masjid-masjid akan mengumandangkan adzan 20 menit sebelum Salat Jumat dimulai. Namun demikian khutbah oleh imam hanya boleh dilakukan maksimal 15 menit.

Protokol kesehatan juga diterapkan untuk kegiatan lain. Misalnya setelah 
pelaksanaan salat Jumat, beberapa sukarelawan akan turut membantu agar jamaah segera membubarkan diri. Mereka menghindari terjadinya kerumunan jamaah usai salat Jumat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebelumnya setiap masjid di Arab Saudi kecuali di Makkah telah dibuka kembali untuk umum sejak 31 Mei 2020. Menteri Urusan Islam Sheikh Abdullatif Al-Sheikh beberapa lalu mengimbau masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan COVID-19 saat berada di dalam masjid.

Para jamaah dianjurkan membawa sajadah sendiri, menggunakan masker, dan mencuci tangan sebelum memasuki kawasan masjid. 

Menurut Al-Sheikh hal itu harus dilakukan hingga 20 Juni atau fase terakhir pelonggaran lockdown. Besok adalah pertama kalinya, masyarakat di sebagian Arab Saudi melaksanakan Salat Jumat.

Sementara itu, Arab Saudi mencatat kasus positif virus corona per 3 Juni 2020 mencapai 91.182 orang. Dari angka tersebut, sebanyak 68.159 orang sembuh dan 579 meninggal dunia. (An)






×
Berita Terbaru Update