Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

SIM Gratis di HUT Bhayangkara

Rabu, 24 Juni 2020 | 21.08 WIB Last Updated 2020-06-24T14:08:25Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Kepolisian Daerah Jawa Timur memberi kesempatan warga  mengurus permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di hari ulang tahun Bhayangkara 1 Juli secara gratis.  Hal ini disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan, kepada awak media, di Mapolda Jatim.

Kebijakan menggratiskan pembuatan SIM ini merupakan upaya Polri terutama Polda Jawa Timur dalam rangka merayakan ulang tahun hari Bhayangkara, 1 Juli 2020 mendatang di era pandemi Covid-19.  Hanya saja penggratisan itu tidak semuanya. Hanya bagi mereka yang beruntung saja. Yakni masyarakat Jawa Timur,  yang telah wajib SIM dan memiliki tanggal kelahiran 1 Juli.

"Usia wajib SIM ya di atas 17 tahun,  mereka yang mendapat bantuan  mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi ) di wilayah Jatim secara gratis, " ujarnya.

Budi Indra Dermawan menjelaskan bahwa siapa pun yang hari lahirnya 1 Juli akan mendapat bantuan permohonan baru SIM dan perpanjangan.  "Namun untuk pembuatan baru harus melalui proses uji teori dan uji praktik pembuatan SIM," ungkapnya.

Mengenai teknis pembuatan SIM akan diserahkan kepada Polres masing-masing. Kuotanya pun disesuaikan dengan kemampuan masing-masing Polres di wilayah Jawa Timur. 

"Pada pelayanan SIM Khusus ini, kami menggandeng beberapa pihak sponsorship untuk membantu masyarakat dalam proses pembayaran biaya PNBP SIM," ujarnya.

Yang perlu digarisbawahi, untuk proses perpanjangan SIM tidak GRATIS akan tetapi dibantu oleh pihak sponsorship dalam pembayaran PNBP SIM. Ditegaskan bahwa  kuota bantuan pembuatan SIM  disesuikan dengan budget keuangan yang dimiliki tiap Polres, karena setiap Polres memiliki kemampuan yang berbeda. (ndc)

Foto: Kombes Pol Budi Indra Dermawan Dirlantas Polda Jatim, didampingi Kombes Pol Trunojudo Wisnu Andiko, Kabid Humas Polda Jatim.

×
Berita Terbaru Update