Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Densus 88 Diterjunkan Lacak Kebenaran Perempuan Asal Indonesia Pelaku Bom Bunuh Diri di Filipina

Tuesday, August 25, 2020 | 21:19 WIB Last Updated 2020-08-25T14:19:55Z

 



JAKARTA (DutaJatim.com)  - Seorang perempuan asal Indonesia diduga menjadi dalang di balik serangan bom bunuh diri di Jolo, Filipina. Untuk itu Mabes Polri masih menunggu hasil penelusuran Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri untuk memastikan kebenaran kabar tersebut.

"Masih ditanyakan ke Densus," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono saat dihubungi Selasa, 25 Agustus 2020.

Dikutip dari situs berita ABS CBN, perempuan Indonesia yang dimaksud adalah janda dari teroris Norman Lasuca yang meledakkan diri di Indanan, tahun 2019 dan menewaskan 6 orang.

Otoritas Filipina menyampaikan, dugaan ini muncul karena sebelum ledakan terjadi, mereka tengah memburu dua perempuan yang diyakini akan melakukan aksi teror. Salah satu di antaranya adalah janda dari Norman Lasuca.

"Kami belum bisa menyatakan apakah benar salah satu pelaku ledakan itu adalah istri dari Lasuca," kata Komandan Militer Filipina, Letjen Cirilito Sobejana, Selasa, 25 Agustus 2020.

Dalam peristiwa teror di Jolo kemarin, warga menghadapi dua ledakan. Ledakan pertama berasal dari motor yang dipasangi bom. Ledakan kedua berasal dari aksi bom bunuh diri. Kedua aksi menewaskan 14 orang serta melukai kurang lebih 75 orang.

Untuk bisa memastikan apakah perempuan pelaku teror kemarin adalah janda Lasuca, maka uji DNA harus dilakukan terhadap sisa tubuh pelaku bom bunuh diri. Jika ternyata hasilnya bukan janda dari Lasuca, maka pelaku bom bunuh diri itu kemungkinan istri dari Abu Dalha, salah satu kombatan Abu Sayyaf.

Sebelum Militer Filipina menyampaikan dugaan mereka, analis keamanan Rommei Banlaoi menduga pelaku adalah anak perempuan dari pelaku teror bom di Jolo pada Januari 2019 lalu. Pada saat itu, sebuah bom meledak di Katedral Mount Carmel dan menewaskan 20 orang. (TMP/wis)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update