Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gus Reza, Singa Podium dari Ponpes Mahrusiyah Lirboyo

Wednesday, June 23, 2021 | 03:50 WIB Last Updated 2021-06-22T20:51:23Z

 


KEDIRI (DutaJatim.com) - Pengasuh Ponpes Machrusyiah Lirboyo Kediri, KH Ahmad Reza Zahid (Gus Reza) selama ini dikenal sebagai kader ulama yang piawai dalam menyampaikan pesan-pesan Islam. Riwayat pendidikannya Beliau lulus strata satu Universitas Al Ahqaff Yaman. 

Kemudian Beliau melanjutkan program Pasca-Sarjana doktor di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 

Gus Reza menamatkan pendidikan doktoral di Universitas Islam (UIN) Negeri Sunan Ampel Surabaya. Hal itulah yang menjadi modal Gus Reza membawa pengelolaan pondok pesantren di Jawa Timur lebih modern.

Dengan wawasan luas, pesan-pesan dakwah Islam Gus Reza bisa diterima secara luas pula. Cucu Kiai Mahrus Ali Lirboyo ini, dikenal berpikir terbuka dan sosok yang egaliter. Bila sudah gojlokan ala pesantren, ia membawa suasa sangat humoris. 

Gus Reza adalah putra KH Imam Yahya Mahrus putra KH. Mahrus Ali Lirboyo. Juga cucu KH. Utsman Al-Ishaqi Surabaya dari jalur ibu.


Salah satu yang diajarkan di pondok adalah Tafsir Jalalain. Pada saat menerangkan ayat-ayat sejarah, Gus Reza begitu mengesankan bagi santri karena sangat detail. Apalagi, pengalaman Gus Reza telah mengunjungi situs-situs Islam di berbagai belahan dunia. Utamanya makam para Nabi dan Auliya menjadi materi tambahan dalam memperluas wawasan para santri. 


Penguasaannya pada kitab kuning tidak diragukan lagi. Sejak kecil ngaji hingga sekarang. Nazham-nazham masih hapal di luar kepala. Penguasaannya atas keilmuan akademik juga tak kalah kokoh, lulusan luar negeri dan masih kuliah S3. Gus Reza dikenal sebagai figur komunikator ulung, singa podium dan kiai muda yang organisatoris. Intensitasnya berkiprah organisasi utamanya di NU sangat menjanjikan dalam mengolah kepemimpinan umat islam di masa depan. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update