-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bencana Kekeringan Melanda, Lamongan Luncurkan Air Bersih Bagi Warga

Sabtu, 19 September 2020 | 12.34 WIB Last Updated 2020-09-19T05:43:10Z


LAMONGAN (DutaJatim.com) - Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi atau bencana kekeringan maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan melakukan peluncuran gerakan air bersih bagi warga yang terdampak. Acara ini dilakukan di depan pendopo Lokalantra Pemkab Lamongan Jumat (18/9/2020).


Air merupakan komponen penting untuk mempertahankan kehidupan, menjaga kesehatan, dan menjamin penghidupan berkelanjutan sehingga akses air adalah hak asasi manusia (HAM).


 Karena itu akses air harus mudah dan selelau tersedia bagi masyarakat. Khususnya untuk mengantisipasi bencana kekeringan.


"Alhamdulillah pagi hari ini kita masih diberikan kesehatan sehingga bisa menghadiri acara saat ini. Di sela-sela Satgas Penanganan Covid-19 tidak henti-hentinya berupaya mengatasi Covid-19 seperti saat ini yang dilakukan oleh Dandim dan Kapolres intens melakukan operasi Yustisi.

 

Wilayah Kabupaten Lamongan sebenarnya tergolong rawan bencana, seperti saat ini warga kekurangan air bersih dan saat ini serentak kita distribusikan 15 tangki air bersih, tapi saya berharap tidak hanya hari ini tetapi seterusnya sampai kekeringan ini selesai," kata Bupati Lamongan Fadeli. 


Fadeli mengucapkan terima kasih kepada dinas-dinas yang mengirimkan tangki untuk bantuan air bersih bagi warga Lamongan yang terdampak kekeringan. Dia mengimbau agar membagi air bersih itu kepada warga masyarakat dengan tetap mempedomani protokoler kesehatan (prokes) Covid-19, supaya tidak terjadi kluster baru," katanya.


Ditambahkan, bahwa Gerakan Peluncuran Air Bersih itu bertujuan untuk memberikan bantuan bagi warga yang kekurangan air bersih. Selanjutnya, Fadeli memberangkatkan armada tangki air bersih itu ke sejumlah tempat.


Dr Mugito MM, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan menyampaikan, acara ini merupakan tindak lanjut dari perintah Bupati Lamongan tentang status siaga bencana serta memberikan perlindungan kepada masyarakat yang terdampak kekeringan untuk meringankan beban hidupnya dengan memberikan air bersih.


Lebih lanjut dikatakan oleh Mugito, Sasaran bantuan air bersih sebanyak 15 armada tangki di Kecamatan Modo Desa Sidomulyo, Kecamatan Sugio Desa Bedingin, Kecamatan Kedungpring Desa Suko Malu, Kecamatan Tikung

D esa Jatirejo Topeng, Desa Wonokromo, Desa Suko Dusun Kebon Dalem, Desa Pengumbulannadi Perumahan Tambora, Desa Bakalanpule.


Selain itu, pendistribusian air bersih juga dilakukan di Kecamatan Sambeng Desa Gondangsari, Kecamatan Glagah Desa Wonorejo Dusun Lengkong, Desa Wangen, Desa Wedoro, Kecamatan Kembangbahu Desa Kaliwates Dusun Kebalen, Kecamatan Bluluk Desa Cangkring, Desa Tulungrejo, Desa Banjar Gondang.


Disebutkan bahwa sedekah air adalah "sedekah terbaik" dengan rujukan hadits sahih Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Saad bin Ubadah RA ketika bertanya kepada Rasulullah Muhammad SAW, "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” 


Jawaban Rasulullah atas pertanyaan itu adalah, "Memberi air".

 

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat Pemkab Lamongan di antaranya Bupati Fadeli, Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han. Dandim 0812/Lamongan,  AKBP Harun, S.I.K., S.H. Kapolres Lamongan, Raden Ari Muladi, SH, Ketua Pengadilan Negeri Lamongan, Rustamaji Kasi Intel Kajari Lamongan, Drs Hery Pranoto, M.M. Plt. Sekda Kab. Lamongan.


Kegiatan juga dihadiri oleh Nalikan Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kab. Lamongan, Pujo Broto Iriawan Putra Asisten 2 Ekbang Setda Lamongan, M. Zamroni S.Sos M.Si Kepala Dinas Perdagangan Kab. Lamongan, Dianto Hari Wibowo Kabag Pemerintahan Setda Lamongan, Dr. Mugito, MM Kepala BPBD Lamongan, Suprapto, SH Kepala Satpol PP Kab. Lamongan, Kepala OPD Lamongan, Kapten Kav Taruji Danramil 0812/01 Lamongan, Drs. Fatkhur Rozi,MM Camat Lamongan. (ful)

×
Berita Terbaru Update