-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mengunjungi Pulau Bawean, Sang Putri dengan 10 Destinasi Wisata

Selasa, 13 Oktober 2020 | 07.08 WIB Last Updated 2020-10-13T00:08:38Z
Pulau Noko yang memesona. (wikimedia.org)



GRESIK (DutaJatim.com) - Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, sudah lama dikenal dengan keelokan alamnya. Begitu pula kehidupan sosial, budaya, dan agama. Selain itu, perekonomian di daerah yang juga dijuluki sebagai Pulau Putri ini unik. 

Pulau Bawean memiliki pemandangan bawah laut yang eksotis. Pantai berpasir putih, dan bersih, cocok bagi penyuka snorkeling atau sekadar menikmati pemandangan alam. Pulau Bawean cocok bagi yang ingin liburan atau istirahat dari kesibukan setiap hari. Lalu apa saja destinasi wisata di Pulau Putri?


1. Pulau Gili

Wisatawan bisa mengunjungi Pulau Gili. Pulau ini punya laut bersih dan pasir putih sehingga cocok untuk menyelam dan snorkeling. Warga Pulau Gili yang ramah menyediakan akomodasi bagi pengunjung seperti kamar mandi dan tempat makan. Soal makanan tak perlu risau. Sangat direkomendasikan memesan olahan seafood hasil tangkapan langsung nelayan Pulau Gili.


2. Penangkaran Rusa Bawean

Rusa Bawean adalah hewan asli Pulau Bawean yang hampir punah. Penangkaran seluas empat hektare ini bertujuan melestarikan rusa bawean dengan membatasi geraknya. Pengunjung hanya bisa berinteraksi dengan rusa melalui izin petugas.


3. Pulau China, Karabila, Lolobi, dan Nusa

Ini sebuah gugusan kepulauan. Pulau China, Karabila, Lolobi, dan Nusa cocok bagi yang suka snorkeling karena memiliki keindahan bawah air. Gugusan paling besar adalah Pulau China dengan akomodasi paling lengkap dari penduduk sekitar.

Bila ingin mengunjungi pulau yang lain, sebaiknya jangan lupa bawa bekal dan perlengkapan supaya acara liburan tak terganggu urusan akomodasi.


4. Danau Kastoba

Destinasi Danau Kastoba berada di tengah Pulau Bawean, dengan suasana yang masih alami dan cantik. Untuk sampai di Danau Kastoba cukup menyusuri jalur tracking yang tersedia sejauh 500 meter. Terkait mitos jangan datang ke Danau Kastoba jika sedang datang bulan, boleh percaya atau tidak bergantung pada keyakinan masing-masing.


5. Air Terjun Laccar

Lokasi Air Terjun Laccar berada di tebing setinggi 20 meter yang dikelilingi berbagai tumbuh-tumbuhan. Jika berminat ke sini, pastikan memakai alas kaki yang aman supaya tidak mudah kepeleset akibat batuan licin. Air Terjun Laccar bisa diakses dengan menyusuri jalan setapak sepanjang satu kilometer melewati sungai berbatu.


6. Pantai Kuburan Panjang

Pantai Kuburan Panjang memiliki cerita sejarah dan dipercaya menjadi kuburan pengawal Aji Saka tokoh legenda masyarakat Jawa. Tak heran jika pantai ini menjadi area keramat bagi warga. Dengan pemandangan eksotis, lokasi ini tetap cocok bagi yang ingin menikmati keindahan pantai di Pulau Bawean.


7. Tanjung Gaang

Tanjung Gaang adalah tempat wisata dengan air laut biru jernih yang dikelilingi rangkaian karang. Sayang untuk mengambil foto di Tanjung Gaang harus dari jarak jauh karena kapal nelayan tidak bisa masuk ke wilayah ini. Batu karang yang tajam dikhawatirkan merusak kapal yang nekat masuk Tanjung Gaang.


8. Pantai Ria

Lokasi Pantai Ria cocok bagi yang ingin menikmati kuliner berbahan olahan hasil laut atau seafood. Pengunjung bisa membeli seafood sendiri yang langsung diolah menjadi makanan segar. Tempat pengolahan ikan dan rumput lain juga menjadi daya tarik lain bagi pengunjung Pulau Ria.


9. Pulau Noko

Destinasi Pulau Noko ini terletak di seberang Pulau Gili, dengan pasir lebih tebal dan pemandangan yang mirip dengan Gili. Bagi yang ingin snorkeling disarankan membawa perlengkapan sendiri, supaya bisa menikmati keindahan bawah air Pulau Noko dengan lebih baik.


10. Pantai Mayangkara

Area Pantai Mayangkara mungkin menjadi lokasi dengan fasilitas bermain paling lengkap. Di sini ada tanah lapang yang kerap digunakan warga sekitar untuk main bola pantai. Keramaian acara ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Bawean. (detiktravel) 

×
Berita Terbaru Update