-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Presiden Trump Tersengat Covid-19, Pasar Terguncang

Jumat, 02 Oktober 2020 | 18.11 WIB Last Updated 2020-10-02T11:11:32Z

 

Donald Trump (AP Photo)



WASHINGTON DC - Setelah berkali-kali diisukan kena Corona, akhirnya Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan istrinya, Melania, benar-benar positif terjangkit COVID-19). Saat ini keduanya pun menjalani karantina alias diisolasi. Kabar Trump tersengat Covid-19 ini dampaknya luar biasa sebab pasar uang pun terguncang.


Seperti dilansir Associated Press, Jumat (2/10/2020), Trump mengungkapkan hasil tes itu via akun Twitternya pada Kamis (1/10) malam waktu AS. Dia  dan Melania kembali menjalani tes COVID-19 setelah salah satu penasihat dekatnya, Hope Hicks, dinyatakan positif Corona pada Kamis (1/10) waktu setempat.

"Malam ini, @FLOTUS (Melania-red) dan saya dinyatakan positif COVID-19," tutur Trump via akun Twitternya.

"Kami akan memulai karantina kami dan proses pemulihan segera. Kami akan melalui ini BERSAMA!" imbuhnya.

Trump yang berusia 74 tahun berada dalam risiko tinggi untuk terkena komplikasi serius akibat virus Corona. Diagnosis positif ini menjadi pukulan besar bagi Trump yang selama ini berusaha meyakinkan publik AS bahwa keburukan pandemi Corona telah terlewati. 

Sebelumnya, dalam wawancara via telepon dengan Sean Hannity dari Fox News, Trump mengakui dirinya dan Melania menghabiskan banyak waktu bersama Hicks yang menjadi penasihat dekatnya. Namun Trump menyebut Hicks selalu memakai masker. Dia menduga Hicks tertular Corona saat berinteraksi dengan para pendukungnya yang tengah berjuang memenangkan Pilpres AS.

Menurut seorang pejabat pemerintahan Trump yang enggan disebut namanya, seperti dilansir Associated Press, Hicks mulai merasakan gejala ringan selama perjalanan pulang dengan pesawat dari kampanye di Minnesota pada Rabu (30/9) malam waktu setempat.

Di dalam pesawat, menurut pejabat ini, Hicks dikarantina menjauh dari orang lain. Hasil tes Hicks pada Kamis (1/10) waktu setempat menyatakan dia positif Corona.



Dampak dari kabar Trump positif Corona ini sungguh dahsyat. Pasar keuangan dan komoditas dunia tiba-tiba terguncang. Pasar bergejolak. Khususnya dolar AS.

Dikutip dari detik.com,  Jumat pagi tadi The Greenback sempat melemah, tapi siang harinya jadi menguat terhadap rupiah. Bergerak naik turun bak kuda liar.

Hingga pukul 13.00 WIB siang tadi, dolar AS berada di level Rp 14.850. Menguat sekitar 0,2% setelah pagi tadi sempat melemah.

Pagi tadi nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah ada di level Rp 14.765. Angka tersebut tercatat berkurang 184 poin (1,17%).

Selain itu, indeks saham berjangka untuk S&P 500 EScv1 turun 1,21% pada di pasar Asia, sementara imbal hasil treasury juga turun.

Indeks saham berjangka atau stock index future terdiri dari saham-saham pilihan sebuah indeks yang diperdagangkan di pasar bursa internasional. Indeks ini juga sering menjadi indikator perekonomian sebuah negara. (det/wis)


×
Berita Terbaru Update